BBM satu harga resmi beroperasi di Lalan Musi Banyuasin

id bbm satu harga,spbu kompak,spbu,peresmian bbm satu harga,pertamina,bph migas

BBM satu harga resmi beroperasi di Lalan Musi Banyuasin

Peresmian SPBU Kompak yang menyediakan bahan bakar minyak satu harga resmi beroperasi di Desa Sukajadi, Kecamatan Lalan, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Jumat (7/9) (ANTARA News Sumsel/Susilawati/I016/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - SPBU Kompak yang menyediakan bahan bakar minyak satu harga resmi beroperasi di Desa Sukajadi, Kecamatan Lalan, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah tersebut.

Peresmian Lembaga Penyalur SPBU Kompak 26.307.29 ini dilakukan oleh Kepala Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas M Fanshurullah Asa di Desa Sukajadi, Jumat.

Menurut Pjs. General Manager Marketing Operation Region (MOR) II Pertamina Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) Hendrix Eko V dengan hadirnya SPBU Kompak, maka masyarakat di Kecamatan Lalan dapat menikmati, menggunakan, dan memenuhi kebutuhan bahan bakar bagi kendaraannya dengan harga yang sama dengan di kota.

SPBU Kompak ini merupakan Program BBM satu harga yang kedua di wilayah Sumbagsel setelah pada 2017 diresmikan lembaga penyalur di Desa Malakoni, Pulau Enggano, Provinsi Bengkulu.

Untuk wilayah Sumbagsel tercatat empat lokasi program BBM satu harga ini yaitu di Pulau Enggano, Kecamatan Lalan (Musi Banyuasin), Musirawas Utara dan Pesisir Barat, Lampung.

Rencananya untuk dua lokasi lagi yaitu Musirawas Utara dan Lampung juga akan diresmikan pada 2018 ini, ujarnya.

Ia menjelaskan, proses distribusi BBM ke SPBU Kompak ini tidaklah mudah karena harus menggunakan drum yang diangkut dengan tongkang yang disuplai dari Terminal BBM Kertapati Palembang.
Peresmian SPBU Kompak yang menyediakan bahan bakar minyak satu harga resmi beroperasi di Desa Sukajadi, Kecamatan Lalan, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Jumat (7/9) (ANTARA News Sumsel/Susilawati/I016/18)

"Pengirimannya membutuhkan waktu yang cukup lama atau setidaknya 20 jam dari TBBM Kertapati menuju dermaga di Desa Sukajadi, Kecamatan Lalan. Kondisi cuaca dan pasang surut sungai juga menjadi pertimbangan kami, karena aspek keselamatan tetap menjadi prioritas," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa mengatakan BBM satu harga itu jenis premium dengan harga Rp6.450 perliter, solar Rp5.150 perliter, dan pertalite Rp8.000 perliter dengan jaminan kualitas dan suplai yang lebih terjamin.

"Program ini adalah program pusat, program Indonesia yang akan bermanfaat bagi rakyat. Mari kita jaga dan monitor bersama agar SPBU Kompak ini tepat sasaran penggunaannya," tuturnya.

Sebab, SPBU Kompak ini adalah bentuk nyata keadilan bagi masyarakat.

Sementara itu, Kades Sukajadi, Warsum menuturkan, selama ini masyarakat membeli BBM di pengecer untuk premium dengan harga Rp9.000 sampai Rp10 ribu perliter.

Dengan hadirnya SPBU Kompak yang menjual BBM satu harga ini tentunya sangat membantu masyarakat di daerah tersebut, katanya.

Dalam peresmian itu juga dihadiri Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Yusman Srianto.