Presiden Jokowi: Pemuda yang bisa hadapi perkembangan teknologi

id jokowi,presiden indonesia,berita palembang,berita sumsel,pemuda indonesia,penerus bangsa,generasi muda,revolusi industri 4.0

Presiden Jokowi: Pemuda yang bisa hadapi perkembangan teknologi

Presiden Indonesia Joko Widodo. (ANTARA/Bayu Prasetyo)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Presiden Joko Widodo mengatakan para pemuda lah yang bisa menghadapi perkembangan teknologi yang bergerak sangat cepat seperti saat ini.

"Yang bisa menghadapi, hanya satu, anak-anak muda, 'youthers', kalau kayak saya sudah ketinggalan banyak," kata Presiden saat membuka Acara "Young on Top National Conference 2018" di Jakarta, Sabtu.

Kepala Negara mengakui bahwa jika bicara masalah perkembangan teknologi dengan anaknya yang bungsu, Kaesang Pangarep" sering "tidak nyambung".

Untuk itu, Presiden Jokowi beharap para pemuda harus bisa menangkap setiap peluang yang ada terkait pesatnya perkembangan teknologi yang terjadi pada saat ini.

Di depan para peserta "Young on Top National Conference 2018", Presiden kembali mengingatkan bahwa perubahan dunia sangat cepat sekali.

"Revolusi industri 4.0 sudah bergerak dan ada di depan mata kita. kita tahu 'artificial intelligence'. Kita baru belajar, keluar lagi Advance robotic, baru belajar keluar lagi 3D printing yang kalau kita tonton bangun rumah hanya 24 jam, hanya satu hari," ungkap Jokowi.

Presiden juga cerita tentang pengalamannya saat berkunjung ke "Silicon Valley" Amerika Serikat, ketika berkunjung ke kantor Facebook bisa main tenis meja secara "virtual".

Ia juga menceritakan saat ke kantor Google yang bisa mendeteksi keberadaan ikan di laut, sehingga bisa dikembangkan di Indonesia untuk membantu para nelayan.

Kepala Negara menilai perkembangan teknologi harus diantisipasi, karena bicara teknologi perlu memiliki ide-ide atau gagasan besar.

"Seperti Tesla Elon Musk, hyperloop, space-X teknologi ini merupakan ide-ide besar dan para investor yang menghampiri," jelasnya.

Presiden juga mengungkapkan bahwa ada dua hal untuk melihat perkembangan teknologi, yakni ada tantangan yang harus dihadapi dan ada peluang atau "opportunity" yang harus diketahui.

"Opportunity"-nya inilah yang akan membawa sebuah negara maju atau tidak maju ke depannya," kata Jokowi.

Untuk itu, Presiden berharap para pemuda harus bisa mempersiapkan dan mengantisipasi dalam menghadapi revolusi industri 4.0.