Liga Spanyol umumkan rencana untuk mainkan pertandingan reguler di Amerika

id la liga,liga spanyol,berita sumsel,berita palembang,David Aganzo,Badan organisasi Liga Spanyol

Liga Spanyol umumkan rencana untuk mainkan pertandingan reguler di Amerika

Arsip- Cristiano Ronaldo saat Real Mandrid lawan Levante di laga lanjutan Liga Spanyol. (PEDRO ARMESTRE/AFP)

Madrid (Antara/Reuters) - Badan organisasi Liga Spanyol mengumumkan pada Kamis bahwa pihaknya berencana memainkan pertandingan-pertandingan reguler di AS pada masa yang akan datang.

Klub-klub dan liga-liga Eropa telah meningkatkan kehadiran mereka di AS pada beberapa tahun terakhir, ketika mereka mengincar ceruk pasar olahraga luas di negara itu.

"La Liga, kompetisi sepak bola papan atas Spanyol, dan Relevent, grup media multinasional, olahraga, dan hiburan, pada hari ini mengumumkan semacam kerja sama patungan 15 tahun untuk pertama kali untuk mempromosikan sepak bola di AS dan Kanada," kata pernyataan itu.

"Sebagai bagian dari kesepakatan itu, La Liga berencana untuk mendatangkan pertandingan klub musim reguler ke AS, pertama kalinya dimainkan di luar Eropa." La Liga tidak memberikan detail apapun mengenai kapan pertandingan pertama melintasi Atlantik akan berlangsung, dan tidak merespon permintaan Reuters untuk memberikan informasi.

Bagaimanapun, persatuan pesepak bola Spanyol, AFE, mengkritik liga karena tidak berkonsultasi dengan para pemain, mendeklarasikan "protes paling berenergi" pada pengumumannya. "Seperti biasa, Liga Spanyol mengabaikan opini para pemain dan mengkompromikan mereka dengan tindakan-tindakan yang hanya memberikan manfaat kepada liga, tanpa memperlihatkan pertimbangan apapun untuk kesehatan para pemain dan kurangnya sentimen para penggemar klub..." demikian bunyi pernyataan dari organisasi.

David Aganzo, kepala AFE, menambahi: "Para pesepak bola bukan mata uang yang dapat digunakan pada kesepakatan-kesepakatan bisnis yang hanya menguntungkan pihak ketiga." Dua klub terbesar Spanyol, Real Madrid dan Barcelona, belakangan ini baru kembali dari tur-tur pramusim di AS. Mereka bermain melawan tim-tim papan atas Eropa seperti AC Milan, AS Roma, Tottenham Hotspur, dan Manchester United di International Champions Cup, turnamen yang diorganisir oleh Relevent.

Pada Juli 2017, kedua tim berhadapan pada pertandingan persahabatan "Clasico," yang membuat Stadion Hard Rock di Miami dipenuhi para penonton.

Bursa olahraga yang besar Kerap kalah bersaing dengan olahraga-olahraga lain seperti bola basket, bisbol, dan "NFL," pengaruh sepak bola akan didongkrak dengan fakta bahwa AS merupakan tuan rumah, bersama dengan Kanada dan Meksiko, Piala Dunia 2026.

Presiden Liga Spanyol Javier Tebas kerap berbicara dalam banyak kesempatan mengenai hasratnya untuk memainkan pertandingan-pertandingan reguler di luar Spanyol, dan meniru kebijakan sukses NFL di London sejak 2007.

"Kami setia untuk menumbuhkan gairah untuk sepak bola di seluruh dunia. Kesepakatan yang menggemparkan ini tentu untuk memberikan impuls besar kepada popularitas permainan indah di AS dan Kanada," kata Tebas.

"Relevent telah mengisi stadion-stadion di seantero AS dengan International Champions Cup, kami senang untuk bermitra dengan mereka pada misi bersama untuk menumbuhkan sepak bola di Amerika Utara." Pada awal bulan ini, Piala Super Spanyol, pertandingan tahunan pembukaan musim antara juara liga dan Piala Raja, dimainkan di luar negeri untuk pertama kalinya, di mana Barcelona menang 2-1 atas Sevilla di Tangier, Maroko.