Kinerja perusahaan pembiayaan naik 30 persen

id PT Wahana Ottomitra Multiartha,perusahaan,npf,finance,nasabah,perusahaan pembiayaan,kendaraan

Kinerja perusahaan pembiayaan naik 30 persen

Ilustrasi (ANTARA FOTO)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kinerja perusahaan pembiayaan selama Ramadhan melejit hingga 30 persen karena didongrak peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan dan dana tunai.

Branch Head PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance) Zermi Nelko Saputra di Palembang, Selasa, mengatakan, tren ini lazim terjadi setiap Ramadhan karena adanya pengaruh keinginan untuk merayakan Hari Raya.

Bisnis pembiayaan masih positif, apalagi saat ini sedang peak season. Kenaikannya bisa sampai 30 persen," kata dia.

Zermi mengatakan selama Ramadhan ini, perusahaannya dapat menyalurkan pembiayaan di atas 1.000 unit kendaraan di Kota Palembang. Sementara saat kondisi normal, booking hanya mencapai 700 unit per bulan.

Ia melanjutkan peningkatan tersebut juga dipengaruhi faktor libur panjang saat mudik Lebaran sehingga kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan baru pun turut terkerek.

Menurutnya, jenis kendaraan yang dibiayai didominasi kendaraan bermotor roda dua dengan jenis matic.

"Namun ada pula masyarakat yang memanfaatkan kredit multiguna karena butuh dana tunai, biasanya kan momen ini juga dimanfaatkan untuk liburan," katanya.

Tak hanya itu, ia menerangkan, kebutuhan dana tunai juga digunakan untuk memasuki tahun ajaran baru yang jatuh usai libur Lebaran 2018.

Zermi melanjutkan untuk mengantisipasi non performing netto (NPF), WOM Finance juga gencar mengingatkan kepada nasabah untuk membayar kewajiban sebelum jatuh tempo.