BPBD prakirakan puncak kemarau bersamaan Asian Games

id bpbd,bpbd sumsel,kemarau,kemarau diperkirakan bersamaan asian games,asian games,jakabaring,jsc,hutan,kebakaran hutan

BPBD prakirakan puncak kemarau  bersamaan Asian Games

Rakor Krhutla di Kantor BPBD Provinsi Sumatera Selatan, di Palembang, Jumat (25/5). (Foto Ist/)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatera Selatan memprakirakan puncak kemarau bersamaan dengan pelaksanaan Asian Games 2018 atau Agustus mendatang, sehingga perlu untuk selalu diwaspadai.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Iriansyah di Palembang, Senin mengatakan, berdasarkan laporan BMKG suhu di Sumatera Selatan pada Agustus nanti atau saat Asian Games diperkirakan cukup panas karena bersamaan puncak kemarau.

Sementara untuk saat ini kondisi lingkungan di Sumsel aman, namun tetap perlu diwaspadai, ujar dia.

Dia mengatakan, walaupun bertepatan puncak kemarau tetapi tidak akan mengganggu jalannya Asian Games di Palembang karena berbagai antisipasi sudah disiapkan.

Pihaknya telah mengantisipasi dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan.

Memang, lanjut dia, untuk periode Mei ini cuaca masih bersahabat, bahkan sering terjadi hujan di seluruh wilayah Sumsel.

Begitu juga lahan gambut masih basah dan tergenang air seperti di Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Sumsel.

Saat ini masih belum ada titik panas, dalam arti masih terkendali.

Selain itu BPBD sendiri telah menyiapkan berbagai antisipasi mulai helikopter sbanyak empat unit, TMC, dan tim pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang mengikutsertakan berbagai pihak di antaranya perkebunan.

Begitu juga pihaknya masih menyebar garam dalam mengantisipasi titik panas.

Selain itu rutin melaksanakan koordinasi dengan berbagai instansi dan perkebunan termasuk menghadiri rapat kerja cabang Gabungan Pengusaha Kepala Sawit Indonesia.

"Yang jelas kami selalu waspada dan mengantisipasi supaya di Sumsel tidak terjadi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan," ujar dia.

Sebab bila terjadi kebakaran hutan dan lahan bukan saja akan timbul kabut asap petapi juga kerugian yang cukup besar sehingga harus dicegah bersama, tambah dia.