Ada masalah tanya ulama, kata Gatot Nurmantyo

id gatot nurmatyo,mantan panglima tni,ulama,jendral gatot,nkri,haul habib di sulteng,gatot nyapres

Ada masalah tanya ulama, kata Gatot Nurmantyo

Gatot Nurmantyo. (ANTARA FOTO/Yusran Uccang)

....Selagi masih ada ulama, Insya Allah kita tetap aman dan bersatu....
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA News Sumsel) - Mantan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan masyarakat harus membiasakan diri untuk bertanya kepada para ulama bila menemukan masalah dalam lingkungannya.

"Bertanyalah kepada ulama, mereka bisa memberikan jawaban yang tepat," katanya saat menyampaikan sambutan pada Haul Habib Muhammad Bin Idrus Bin Salim Aljufri III di Desa Kota Rindau, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sabtu.

Jenderal Gatot mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak terburu-terburu dan mengambil tindakan ketika merespon suatu problem yang terjadi di tengah masyarakat.

"Ada ulama yang bisa memberikan solusi, saran, pencerahan kepada masyarakat," ujarnya dan menekankan bahwa ulama berperan penting dalam pembinaan umat dan masyarakat dalam merawat persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI.

"Selagi masih ada ulama, Insya Allah kita tetap aman dan bersatu," katanya menambahkan.

Ia juga mengimbau masyarakat di Kabupaten Sigi, untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Jenderal Gatot yang mengenakan kemeja berwarna putih dan kopiah hitam, saat tiba di lokasi haul, disambut tokoh pemuda, perempuan, masyarakat, tokoh agama dan para ulama seperti Habib M Ali Aljufri dan Prof Dr H Zainal Abidin MAg serta Kepala Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Tengah Abdullah Latopada.

Habib Shaleh Aljufri mengatakan Haul Habib Muhammad, tidak hanya semata-mata mengenang tokoh agama tersebut melainkan dirangkaikan dengan kegiatan sosial yaitu pemberian bantuan perlengkapan fardu kifayah/kain kafan sebanyak 50 lemar.

Habib Muhammad Bin Idrus Bin Salim Aljufri merupakan anak dari Habib Idrus Bin Salim Aljufri. Habib Idrus Bin Salim Aljufri merupkan salah satu keturunan dari Nabi Muhammad SAW, yang dikenal oleh masyarakat Sulawesi Tengah dengan sapaan 'Guru Tua'.

Guru Tua merupakan salah satu pembawa Islam di Tanah Kaili, Sulawesi Tengah. Ia mendirikan pusat pendidikan Islam bernama Alkhairaat di Kota Palu.

Ketika Habib Idrus/Guru Tua meninggal dunia, Alkahiraat yang dibangunnya dipimpin oleh beberapa tokoh salah satunya Habib Muhammad Bin Idrus Bin Salim Aljufri, salahs atu putra Guru Tua.

Kini  Alkhairaat dipimpin oleh Habib Saggaf Bin Salim Aljufri, anak pertama Habib Muhammad Bin Idrus Bin Salim Aljufri.

Gatot juga menyempatkan shalat subuh di Masjid Alkhairaat Jalan Sis Aljufri, Kota Palu, Sabtu , sekaligus berziarah ke Makam Habib Idrus Bin Salim Aljufri (Guru Tua) yang terletak di masjid tersebut.