Pemkab Muba manfaatkan PLTS layani masyarakat pedesaan

id plts,pembangkit tenaga surya,listrik,warga desa,pln

Pemkab Muba manfaatkan PLTS layani masyarakat pedesaan

Plt Bupati Muba Beni Hernedi (ANTARA News Sumsel/I016/18)

Musi Banyuasin  (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, berupaya memanfaatkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS untuk melayani masyarakat yang berada di desa terpencil yang belum memiliki jaringan listrik  PLN.

"Untuk mengatasi masalah belum adanya aliran listrik PLN di desa terpencil, salah satu upaya yang dilakukan dengan memanfaatkan PLTS," kata Plt Bupati Musi Banyuasin, Beni Hernedi, di Sekayu, Kamis.

Menurut dia, desa-desa yang hingga kini belum masuk jaringan listrik PT PLN, saat ini tengah dilakukan percepatan dengan mengembangkan pembangkit yang sumber energinya memanfaatkan sinar matahari.

Setelah sukses dengan penyambungan Gardu Induk (GI) Betung-Sekayu, pihaknya berupaya mengembangkan PLTS untuk mengatasi masalah listrik di desa-desa terpencil.

Beberapa kawasan permukiman penduduk di desa terpencil yang menjadi sasaran pengembangan PLTS seperti Desa Kaliberau, Kecamatan Bayung Lencir, Desa Pangkalan Bulian, Kecamatan Batanghari Leko, dan Desa Karang Tirta, Kecamatan Lalan.

Pembangkit listrik tenaga surya itu dioperasikan melayani kebutuhan listrik masyarakat di desa tersebut bekerja sama dengan PT Manggala Alam Lestari, katanya.

Dia menjelaskan, untuk mengembangkan ke pelosok desa lainnya, pihaknya berupaya melakukan pendataan daerah mana saja yang menjadi prioritas pemasangan PLTS.

Pemasangan PLTS di kawasan desa terpencil menjadi bagian untuk mewujudkan Bumi Serasan Sekate ini sebagai kabupaten yang maju dan sejahtera, kata Beni.