Harimau kesasar ke area pembangkit listrik, BKSDA pastikan sudah kembali ke hutan lindung

id Harimau Sumatera, bksda sumbar, jejak harimau

Harimau kesasar ke area pembangkit listrik, BKSDA pastikan sudah kembali ke hutan lindung

Jejak Harimau Sumatra (panthera tigris sumatrae) yang dilaporkan masuk ke kawasan pembangkit listrik di Kabupaten Pasaman Barat. (Antara/HO-Humas BKSDA).

Padang (ANTARA) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melaporkan Harimau Sumatra (panthera tigris sumatrae) yang masuk ke kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Kabupaten Pasaman Barat sudah kembali ke habitatnya.

"Berdasarkan hasil pengecekan pergerakan Harimau Sumatra, satwa tersebut bergerak ke kawasan hutan Togar atau hutan lindung dan menjauhi pemukiman warga," kata Kepala BKSDA Sumbar Lugi Hartanto di Padang, Minggu.



Meskipun telah kembali ke habitatnya, BKSDA tetap mengimbau masyarakat setempat, terutama di Jorong (dusun) Tanjung Beruang, Nagari (desa) Kajai Selatan, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat tetap mewaspadai hewan buas itu.

BKSDA juga telah mengedukasi masyarakat melalui Wali Nagari (kepala desa) Pinaga Aur Kuning dan Sekretaris Nagari Kajai Selatan terkait perilaku Harimau Sumatra. Masyarakat diimbau hati-hati, terutama saat beraktivitas di ladang.

"Tetap waspada jika beraktivitas di ladang serta diimbau melakukan aktivitas mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB," katanya.