Kecanduan rokok pintu masuk termuda narkoba, kata ketua PGRI

id rokok,perokok,menghisap rokok,ketua pgri,penyebab narkoba,pengguna narkoba,berita sumsel,berita palembang

Kecanduan rokok pintu masuk termuda narkoba, kata ketua PGRI

Ilustrasi (Antarasumsel.com/REUTERS/Christian Hartmann)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rosyidi mengatakan kecanduan rokok merupakan pintu masuk termudah bagi narkoba sehingga anak-anak harus dijauhkan dari rokok.

"Seseorang kalau sudah merokok, akan muncul keinginannya untuk mencoba yang lain. Karena itu sekolah harus betul-betul menjadi kawasan tanpa rokok," kata Unifah dihubungi di Jakarta, Minggu.

Unifah mengatakan PGRI cukup serius memandang permasalahan rokok di kalangan murid, anak-anak dan remaja. Karena itu, PGRI bergabung dalam gerakan pengendalian tembakau di Indonesia.

PGRI bahkan telah mendeklarasikan "Komitmen Guru Indonesia Untuk Pengendalian Tembakau" yang berisi tentang komitmen guru tidak merokok di lingkungan sekolah dan bebas dari intervensi industri rokok sekalipun dalam bentuk program tanggung jawab sosial perusahaan.

"Guru-guru harus jadi teladan untuk tidak merokok. Kami selalu berkeinginan agar guru tidak merokok sehingga murid tidak ikut-ikutan merokok," tuturnya.

Untuk menangkal murid dari bahaya rokok dan narkoba, Unifah mengatakan harus dilakukan pendidikan dan sosialisasi yang mengena di hati mereka.

"Kepala sekolah, guru dan pengurus OSIS harus aktif mencari media yang tepat untuk mengampanyekan antirokok dan antinarkoba kepada murid-murid," katanya.
(T.D018/B. Situmorang)