Van Dijk menuduh Kane lakukan "Diving"

id Virgil van Dijk,Harry Kane,liga inggris,berita palembang,sepak bola inggris,kane melakukan diving,pemain tottenhom,pemain liverpool

Van Dijk menuduh Kane lakukan "Diving"

Penyerang Tottenhan Hotspur Harry Kane. (ANTARA Sumsel/Reuters/Carl Recine Livepic)

London (Antara/Reuters) - Pemain bertahan Liverpool Virgil van Dijk menuduh penyerang Tottenhan Hotspur Harry Kane melakukan "diving" dan Eric Lamela bersikap berlebihan untuk mendapatkan penalti, pada pertandingan sengit di Liga Inggris yang berakhir imbang 2-2 di Anfield pada Minggu.

Tim tamu mendapatkan dua penalti, yang satu di antara kedua penalti itu dapat dikonversi Kane menjadi gol melalui sepakan terakhir di laga itu untuk membuat timnya mendapatkan satu poin.

Kane gagal memaksimalkan penalti lainnya setelah Loris Karius dinyatakan menjatuhkannya.

Namun pemain asal Belanda Van Dijk, yang dinyatakan melakukan pelanggaran untuk penalti kedua, mengatakan tidak satupun dari kedua penalti itu yang layak diberikan.

"Menurut saya penalti pertama adalah offside dan menurut saya itu adalah dive," kata Van Dijk. "Anda melihat dia (Kane) jelas-jelas melakukan diving dan tidak seorang pun berbicara tentang hal itu."

"Ada banyak diskusi mengenai apakah itu offside, ya atau tidak, namun menurut saya itu offside. Wasit mengambil keputusannya bersama dengan hakim garis. Itu bagus untuk kami sebab hal itu direkam."

Rekaman suara televisi dari wasit Jon Moss dan asistennya mengungkap kebingungan mengenai apakah bola secara tidak sengaja dinyatakan "play on" ke Kane oleh bek Liverpool Dejan Lovren. Moss memutuskan untuk menghadiahkan tendangan itu bahkan meski ia berkata dirinya "tidak yakin" apakah sang pemain bertahan menyentuh bola.

Van Dijk mengkritik keputusan kedua setelah Lamela terjatuh secara teatrikal akibat adangannya.

"Untuk penalti kedua, saya melihat ia datang dan saya berusaha dan menahan kaki saya, ia hanya menarik tubuhnya di depan bola dan ia terjatuh," kata Van Dijk.

"Wasit berkata play on dan saya sangat kecewa hakim garis mengatakan sebaliknya. Menurut saya sayang sekali."

"Pertama-tama itu adalah offside dan kedua ia hanya meletakkan tubuhnya di depan saya. Menurut saya itu bukan penalti dan merupakan hal yang sama dengan (keputusan) pertama."

FA akan menentukan apakah perlu mengambil tindakan retrospektif terhadap Kane atau Lamela, di mana kedua penalti itu kelihatannya akan ditinjau ulang oleh panel independen.

Saat ditanyai apakah menurutnya Kane semestinya dihukum karena diving, Van Dijk menambahi, "Itu bukan urusan saya."

"Menurut saya itu adalah diving -- itulah opini saya dan wasit berpikir itu bukan offside dan tidak ada diving dan ia memberikan penalti. Bagus bagi kami karena kami merekamnya."
Penerjemah: A.R.A Adipati/B/J. Suswanto