Bawaslu : Tidak etis ASN beri ucapan berbau politik

id bawaslu,pns ikut politik,pns ucapkan politik,melanggar peraturan pilkada,aparatur negara sipil,berita palembang,pilkada

Bawaslu : Tidak etis ASN beri ucapan berbau politik

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu RI) (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Bekanbaru (Antaranews Sumsel)  -  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau mengingatkan semua Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat agar tidak memberikan ucapan apapun kepada pejabat yang isinya berbau politik di tengah suasana menjelang Pemilihan Kepala Daerah 2018.

"Tidak etis ASN memberi ucapan selamat kepada hal-hal yang berbau politik, seperti terhadap seseorang yang telah mendapat rekom partai untuk maju menjadi calon pada Pilkada," kata Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan di Pekanbaru,  Senin.

Rusidi menjelaskan tidak etisnya karena ucapan selamat telah memperoleh dukungan parpol untuk maju sebagai calon Kepala Daerah identik dengan simpatik dan pro kepada yang bersangkutan untuk maju. Sedangkan ASN harus menghindari tindakan dan sikap yang mengarah kepada dukungan salah satu bakal calon karena dapat diartikan sebagai bentuk keberpihakan.

"Kecuali ucapan selamat setelah dilantik, " ujar Rusidi menanggapi adanya beberapa ASN setempat yang menghadiri syukuran selamat atas diterimanya dukungan partai Demokrat oleh Walikota Pekanbaru Firdaus untuk maju sebagai bakal calon Gubernur pada Pilkada 2018.

Ia juga mengingatkan pejabat bersangkutan agar tidak memanfaatkan fasilitas negara untuk kepentingan politik.

"Walikota juga tidak etis menggelar syukuran atas Rekomendasi parpol di Rumah Dinas, kalau di rumah pribadi silahkan saja," kritiknya.

Diakui Rusidi untuk kasus ini pihaknya belum bisa menindak,  hanya sekedar menghimbau, karena Firdaus belum mendaftar Balon dan ditetapkan oleh KPU sebagai Paslon.

Sebelumnya diberitakan Walikota Pekanbaru Firdaus melakukan syukuran di Kediaman Dinas Jalan A Yani Pekanbaru atas resminya ia mendapat SK dukungan dari partai politik Demokrat untuk maju di Pemilihan Gubernur Riau.

Dari pemberitaan terpantau  Aparatur Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru ramai-ramai turut hadir di kediaman, bahkan tanpa canggung dengan pakaian dinas yang melekat saat jam kerja.

Kedatangan Firdaus dengan SK dukungan dari Jakarta langsung diarak dan diselamatin di kediaman dinas.

Bahka. Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, M Noer yang terlihat hadir bersama para ASN lainnya mengatakan jika kedatangan para pegawai untuk memberikan ucapan selamat kepada pimpinannya yang akan maju di Pilkada Gubernur Riau.

"Ini syukuran kepada pimpinan kami sebagai Kepala Daerah. Apalagi ini bukan deklarasi. Jadi ASN punya hak politik dan pilihan untuk memberikan ucapan selamat, " tambahnya.