Puluhan sekolah diliburkan pada peringatan Hari Guru Nasional

id sekolah diliburkan, hari guru, peringatan hari guru, peringatan hari guru di OKU, achmad tarmizi, kadis pendidikan oku, sekolah libur

Puluhan sekolah diliburkan pada peringatan Hari Guru Nasional

Dokumentasi - Peringatan Hari Guru Nasional oleh murid SDN Kemirimuka I, di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat (ANTARA FOTO/Indrianto Suwarso/Ang)

Baturaja  (ANTARA Sumsel) - Peringatan Hari Guru Nasional di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, puluhan sekolah di wilayah itu diliburkan saat puncak perayaan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah setempat pada 27 November 2017.

"Guna memperingati Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI ke 72 tahun ini, sekolah diliburkan namun siswa diberikan tugas belajar di rumah," kata Kepala Dinas Pendidikan Ogan Komering Ulu (OKU) Achmad Tarmizi di Baturaja, Minggu.

Pihaknya meliburkan siswa sekolah mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga tingkat SMP selama satu hari. Puncak perayaan HGN dan HUT PGRI akan dilaksanakan pada 27 November di Gedung Kesenian Baturaja.

Menurut dia, kebijakan tersebut dinilai tidak merugikan pelajar karena meskipun sekolah diliburkan para siswa diberikan guru tugas belajar di rumah.

"Hanya libur satu hari saat puncak perayaan saja karena para guru dan kepala sekolah dijadwalkan untuk menghadiri acara tersebut," jelasnya.

Dia mengemukakan, sekitar 5.000 guru sekolah PAUD hingga SMP di wilayah itu dijadwalkan menghadiri puncak peringatan HGN dan HUT PGRI ke 72 tahun guna diberikan pembinaan oleh Bupati OKU dan Dinas Pendidikan setempat serta Ketua PGRI Sumsel.

"Jadi saya harap para guru dan kepala sekolah dapat hadir sesuai jadwal dan wajar dilaksanakan karena kegiatan ini dilakukan setahun sekali," kata dia. 

Dia menjelaskan, para tenaga pengajar nantinya bisa menunjukan eksistensi dan mengapresiasikan serta mengangkat harkat martabat guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Sebab lanjut dia, kehadiran guru sangat penting khususnya di dunia pendidikan bagi pelajar dalam menuntut ilmu agar berguna bagi nusa dan bangsa serta membantu upaya pemerintah memberantas buta huruf.

"Jadi wajar kalau setiap tahun kita di Indonesia ini memperingati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI yang bertepatan pada 25 November tersebut," ujarnya.