Bunga Rafflesia mekar di areal kebun warga Kaur Bengkulu

id Rafflesia, bunga langka, BKSDA, kebun kopi, bunga mekar, desa tetangga, pelestarian flora langka

Bunga Rafflesia  mekar di areal kebun warga Kaur Bengkulu

Rafflesia Arnoldi (Ist)

Bengkulu (ANTARA Sumsel) - Sebuah bunga langka Rafflesia bengkuluensis dengan diameter 60 centimeter mekar sempurna di sekitar areal perkebunan kopi milik warga Desa Cokoh Betung Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu.

"Habitat bunga itu ada di areal kebun warga yang masih berbentuk belukar," kata Koordinator Komunitas Pemuda Padang Guci Peduli Puspa Langka, Nopri Anto saat dihubungi dari Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan lokasi bunga mekar itu merupakan areal kebun yang masih berbentuk belukar itu masuk dalam wilayah Desa Manau X.

Namun areal tersebut dimiliki warga Desa Cokoh Betung yang merupakan desa tetangga dengan Manau IX.

Nopri mengatakan sudah berkoordinasi dengan warga pemilik lahan agar tidak mengalihfungsikan lahan tersebut menjadi kebun kopi, seperti sebagian besar lahan lainnya di wilayah Kecamatan Padang Guci Hulu itu.

Habitat bunga mekar tersebut juga sudah masuk dalam pemetaan komunitas untuk diusulkan menjadi kawasan cagar alam khusus pelestarian flora langka dilindungi tersebut.

Sebelumnya Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu Abu Bakar Cekmat mengatakan sudah meninjau habitat bunga Rafflesia bengkuluensis yang berada dalam lahan warga itu.

"Kami sudah kunjungi bersama Bupati Kaur untuk diusulkan menjadi kawasan pelestarian Rafflesia bengkuluensis yang hanya ada di Kaur," kata Abu.

Rafflesia bengkuluensis merupakan satu dari lima bunga rafflesia yang teridentifikasi di hutan Bengkulu. Selain Rafflesia bengkuluensis ada pula Rafflesia arnoldii, Rafflesia gadutensis, Rafflesia hasselti dan Rafflesia kemumu.