Emas berjangka turun akibat aksi ambil untung investor

id emas, emas batangan, antam, komoditas

Emas berjangka turun akibat aksi ambil untung investor

Batangan emas seberat 1 gram disusun di ZLatarna Celje. (ANTARA Sumsel/REUTERS/Srdjan Zivulovic)

Chicago (ANTARA Sumsel/Xinhua) - Kontrak emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange ditutup turun tipis pada Jumat (Sabtu pagi WIB), terutama akibat aksi ambil untung setelah liburan hari Thanksgiving.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember, turun 4,9 dolar AS atau 0,38 persen, menjadi menetap di 1.287,30 dolar AS per ounce.

Selama dua sesi sebelum hari Thanksgiving pada Kamis (23/11), logam kuning telah mencatat kenaikan yang signifikan. Para investor pada  Jumat (24/11) mengunci keuntungan mereka dan menekan harga turun, kata para analis.

Tekanan tambahan datang dari penguatan pasar-pasar saham, karena Dow Jones Industrial Average naik 0,14 persen menjadi 23.557,99 poin pada 18.00 GMT. Ketika ekuitas mencatat keuntungan, logam mulia biasanya jatuh.

Namun, dolar AS memperpanjang kemundurannya setelah Federal Reserve memberi sinyal pendekatan berhati-hati terhadap kenaikan suku bunga pada tahun depan. Indeks Dolar AS turun 0,36 persen ke level 92,78 pada pukul 18.27 GMT, yang membatasi penurunan lebih lanjut emas berjangka.

Sedangkan untuk logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Desember turun 12 sen atau 0,7 persen, menjadi ditutup pada 16,992 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari naik 4,6 dolar AS atau 0,49 persen, menjadi menetap di 945,30 dolar AS per ounce.

Penerjemah: A Suhendar