Pj Gubernur Sumsel ingatkan orang tua didik anak secara optimal

id sumsel,palembang,generasi emas,pj gubernur sumsel,pemprov sumsel

Pj Gubernur Sumsel ingatkan orang tua didik anak secara optimal

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni. (ANTARA/HO-Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengingatkan para orang tua agar mendidik anak mereka secara optimal guna menciptakan generasi emas mendatang.

"Agar tercipta generasi emas di masa mendatang, maka orang tua harus optimal dalam mendidik anak. Nah, agar pendidikan tersebut optimal, tentu saja kapasitas orang tua harus optimal. Dimulai dari orang tuanya terlebih dahulu karena anak akan mencontoh dan meniru orang tuanya, serta menjadi teladan bagi anak,” kata Fatoni, di Palembang, Jumat.

Menurutnya, anak merupakan generasi penerus keluarga dan bangsa yang memerlukan pengasuhan yang baik agar tumbuh dan berkembang secara optimal. Masing-masing anak memiliki keunikan tersendiri baik itu sifat, potensi dan minat bakatnya.

Untuk di Indonesia peran pengasuhan anak sebagian besar masih dibebankan kepada perempuan (Ibu). Secara tradisional, peran ibu sebagai pengasuh utama telah mengakar dalam masyarakat, di mana ibu dianggap sebagai sosok yang paling bertanggung jawab dalam mendidik anak-anak.

Namun, pemahaman ini semakin dipertanyakan dengan semakin banyaknya penelitian yang menyoroti kontribusi peran penting ayah dalam perkembangan anak.

"Kesetaraan peran ayah dan ibu atau kesetaraan gender dalam keluarga dimulai dari lingkup paling kecil, yaitu keluarga, ketika suami dan istri dapat berbagi tugas dengan baik," ujarnya.

Maka dari itu, keterlibatan ayah atau suami dalam pengasuhan anak tidak hanya menunjukkan tercapainya kesetaraan gender, tetapi juga membawa iklim yang positif dalam perkembangan keluarga dan anak.

“Keduanya memiliki peran yang unik dan saling melengkapi untuk memberikan pengalaman yang seimbang bagi anak dalam mengenal diri dan lingkungannya,” kata Fatoni.*