Semen Baturaja beri pelatihan tanggap darurat bencana untuk warga

id Pelatihan dan penyuluhan, penanggulangan kebakaran, warga ring 1, BPBD OKU, Semen Baturaja

Semen Baturaja beri pelatihan  tanggap darurat bencana untuk warga

Kegiatan penyuluhan dan pelatihan tanggap bencana kebakaran bagi warga, yang digelar PT Semen Baturaja Tbk di Baturaja, Sumsel, Kamis (18/4/2024). ANTARA/Edo Purmana

Baturaja, Sumsel (ANTARA) - PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) memberikan penyuluhan dan pelatihan tanggap darurat bencana kepada warga sekitar perusahaan atau ring 1 sebagai upaya penanggulangan musibah kebakaran sedini mungkin.

"Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya penanggulangan dan mitigasi bencana terutama saat terjadi kebakaran permukiman penduduk di sekitar lingkungan SMBR," kata Manager of Corporate Social Responsibility (CSR) SMBR Gili Aprial Braja di Baturaja, Kabupaten OKU, Sumsel, Kamis.

Gili menyampaikan penyuluhan dan pelatihan tanggap darurat penanggulangan bencana untuk warga ring 1 itu merupakan salah satu wujud komitmen Semen Baturaja dalam meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bahaya bencana kebakaran.

Kegiatan yang digelar di Kantor Kelurahan Talang Jawa, Kecamatan Baturaja Barat tersebut diikuti sebanyak 30 peserta dari warga ring 1 SMBR.

"Warga Talang Jawa sangat antusias mengikuti pelatihan ini, karena langsung diberikan materi edukasi menghadapi bencana dan simulasi cara memadamkan api oleh ahlinya dari Damkar OKU," katanya.

Ia menjelaskan dalam pelatihan, warga mendapatkan pengetahuan dan keterampilan praktis menghadapi situasi darurat bencana, mulai dari cara memadamkan kebakaran menggunakan kain yang dibasahi akibat kebocoran seal gas, cara menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) hingga teknik evakuasi yang benar jika terjadi bencana.