Pertumbuhan Asuransi Astra terdongkrak penjualan mobil

id asuransi mobil, astra, Asuransi Astra, asuransi kendaraaan, pembangunan infrastruktur, Asian Games, MotoGP, Agya, Innova, Avanza, Calya, Rush

Dokumentasi - Branch Manager Asuransi Astra Palembang Muliawansyah memberikan edukasi dalam workshop bersama wartawan di Palembang. (ANTARA Sumsel/Dolly Rosana/17/Ang)

...Pengaruh penjualan mobil dengan cara kredit tentu besar sekali, karena sharenya mencapai 75 persen dari total pemilik polis kami...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pertumbuhan asuransi mobil Astra di Palembang, Sumatera Selatan dalam dua tahun terakhir menembus angka dua digit atau berada pada kisaran 11 persen karena terdongkrak oleh peningkatan penjualan mobil di ibu kota Provinsi Sumatera Selatan ini.

Branch Manager Asuransi Astra Palembang Muliawansyah, di Palembang, Kamis, mengatakan pertumbuhan ini tak lain karena dipicu maraknya pembangunan infrastruktur menjelang Asian Games tahun 2018 yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi daerah secara keseluruhan.

"Sejauh ini per September 2017, kami telah mencatat jumlah polis aktif sebanyak 14.492 atau sudah melampaui target 123 persen. Pengaruh penjualan mobil dengan cara kredit tentu besar sekali, karena sharenya mencapai 75 persen dari total pemilik polis kami," kata Muliawansyah.

Menurutnya, peluang untuk lebih baik lagi semakin terbuka di tahun mendatang, mengingat pada 2018 akan ada dua event skala internasional yakni Asian Games dan MotoGP.

Sektor-sektor bisnis tentunya akan berekspansi untuk memanfaatkan momentum ini, sehingga diperkirakan akan berefek positif dalam penjualan mobil tahun mendatang.

"Saat ini Asuransi Astra Cabang Palembang masuk dalam lima kota dengan pendapatan terbesar selain Surabaya, Medan, Bandung, dan Jakarta. Tahun depan, diperkirakan pertumbuhan akan melebihi 11 persen," kata dia.

Senada, Kepala Cabang Toyota Astra Mobil Cabang Tanjung Api Api Haris Deswanto mengatakan dalam dua tahun ini perusahaannya juga mampu mempertahankan pertumbuhan 4-5 persen meski harga komoditas ekspor karet dan sawit sedang jatuh.

Seperti diketahui, Sumsel dikenal sebagai daerah yang perekomiannya bertumpu pada komoditas ekspor.

"Capaian ini tidak bisa dipadang sepele karena jika dibandingkan daerah-daerah penghasil komoditas, Sumsel justru trennya naik atau terjadi anomali," kata dia lagi.

Ia mengatakan dalam satu bulan, Kantor Cabang TAM Tanjung Api-Api rata-rata mampu menjual sekitar 260 unit mobil jenis Agya, Innova, Avanza, Calya, Rush dan Fortuner.

"Tahun depan diperkirakan unit yang terjual akan lebih banyak lagi karena perusahaan rental-rental mobil diperkirakan akan melakukan penambahan unit, demikian juta kantor pemerintahan dan sektor bisnis riil," kata dia.

Sementara itu, Bank Indonesia optimistis pertumbuhan ekonomi Provinsi Sumsel akan sesuai proyeksi awal 5,1 hingga 5,5 persen pada 2017, karena sejumlah indikator menunjukkan hasil positif memasuki semester II.

Pertumbuhan ekonomi ini dipacu oleh bergerak sektor riil yang kemudian berimbas pada sektor finansial.
Pewarta :
Editor: Dolly Rosana
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar