Daerah sepanjang aliran sungai Batanghari berpotensi banjir

id banjir, sungai batanghari, penyebab banjir, bmkg, Daerah Aliaran Sungai, angin kencang, petir, warga masyarakat, bencana alam

Daerah sepanjang aliran sungai Batanghari berpotensi banjir

Dokumentasi- Beberapa pelajar SD menggunakan perahu menuju rumah mereka yang digenangi air luapan Sungai. (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/Ang/aww)

Jambi (ANTARA Sumsel) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Station Meteorologi Klas I Sultan Thaha Jambi, mengeluarkan perkiraan cuaca yang berpotensi hujan intensitas sedang dan tinggi terjadi di Jambi sehingga berpotensi banjir khususnya di sepanjang Daerah Aliaran Sungai (DAS) Batanghari.

Data yang dikeluarkan BMKG Jambi, Senin, bahwa di Jambi sangat berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat atau tinggi disertai petir dan angin kencang pada sore, malam dan dini hari yang terjadi hampir diseluruh kabupaten dan kota di Provinsi Jambi.

Potensi hujan sedang hingga lebar di Provinsi Jambi tersebut diperkirakan terjadi selama beberapa hari kedepan atau mulai Senin 20 November hingga Rabu 22 November mendatang.

BMKG juga mencatat bahwa dampak dari kondisi cuaca tersebut perlu diwaspadai terjadinya atau potensi banjir terutama di kawasan atau sekitar Daerah Aliaran Sungai (DAS) Batanghari.

Kemduian juga ada potensi terjadinya bencana longsor hingga angin kencang yang bisa menumbangkan pohon di sebagian besar wilayah di Provinsi Jambi.

Untuk itu pihak BMKG berharap kepada warga agar bisa mewaspadainya potensi yang terjadi selama tiga hari kedepan.