Gubernur: sektor pariwisata Sumsel masih perlu dikembangkan

id Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, pariwisata sumsel, wisata, pariwisata, pulau kemaro, goa harimau,

Gubernur: sektor pariwisata Sumsel masih perlu dikembangkan

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/Fenny Selly)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Sektor pariwisata di Sumatera Selatan masih perlu terus dikembangkan karena potensinya cukup besar serta menarik untuk dikunjungi para wisatawan, kata Gubernur Alex Noerdin.

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin usai pertemuan dengan Komisi X DPR RI di Palembang, Senin mengatakan, potensi objek wisata daerah ini cukup banyak sehingga harus dikelola secara maksimal.

Sumsel ada objek wisata alam, seperti hutan punti kayu dan Pulau Kemarau di Kota Palembang, selanjutnya peninggalan sejarah dan lainnya antara lain di Kabupaten Ogan Komering Ulu ada Goa Harimau yang di dalamnya banyak tersimpan kerangka manusia purba dan lainnya, ujar gubernur.

Belum lagi di daerah lain, seperti di Kabupaten Muaraenim dengan air terjun Curup Tenang, Danau Ranau di Kabupaten Ogan Kemering Ulu Selatan, perkebunan teh di lereng Gunung Dempo Pagaralam dan masih banyak lagi objek wisata perlu dikelola dengan baik supaya memiliki daya tarik dikunjungi para wisatawan.

Di sampping itu, perlu adanya fasilitas pendukung pariwisata yang harus disiapkan seperti jalan dan lingkungan sekitarnya, termasuk pengamanan terjamin, ujar dia.

Namun, lanjut dia, kesemuanya itu perlu didukung bersama termasuk DPR RI.

Sehubungan itu pihaknya memaparkan perkembangan objek wisata yang ada diharapkan akan semakin berkembang.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camalyn Sinaga mengatakan, pihaknya juga menyampaikan kepada Komisi X DPR RI tentang perkembangan pariwisata di daerah.

Yang jelas, perkembangan pariwisata perlu didorong bersama sehingga semakin berkembang, ujar dia.

Sebagamana Komisi X antara lain membidangi pariwisata itu melakukan pertemuan dengan jajaran Pemerintah Provinsi Sumsel.

Pertemuan antara lain membahas tentang perkembangan pariwisata di daerah Sumsel dan kendala yang dihadapi.