Waspadai gelombang pasang di Bangka Belitung

id bmkg, gelombang pasang, ombak, bangka belitung, laut

Waspadai gelombang pasang di Bangka Belitung

Data dan gambar kondisi cuaca melalui pantauan satelit. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

....Bagi masyarakat yang berkunjung ke pantai diharapkan tidak mandi atau berenang di pantai mengingat kondisi pasang air laut yang tinggi bisa membahayakan keselamatan....
Pangkalpinang, (ANTARA Sumsel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang mengimbau pengunjung pantai mewaspadai gelombang pasang air laut di perairan Bangka Belitung yang diperkirakan mencapai ketinggian 2,42 meter pada Kamis (27/8).

"Berdasarkan pantauan BMKG, gelombang pasang tersebut berpotensi terjadi di Kabupaten Bangka dengan kecepatan angin mencapai 26 kilometer per jam," kata Staf Koordinator Unit Analisa BMKG Pangkalpinang Nur Setiawan, Rabu.

Ia mengatakan kecepatan angin di perairan tersebut relatif kencang sehingga memicu gelombang dan pasang air laut yang semakin meninggi.

Pihaknya mengimbau pengunjung pantai tidak berenang terutama di wilayah pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas karena dengan ketinggian pasang laut ini sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan.

"Bagi masyarakat yang berkunjung ke pantai diharapkan tidak mandi atau berenang di pantai mengingat kondisi pasang air laut yang tinggi bisa membahayakan keselamatan,"ujarnya.

Ia menambahkan ketinggian pasang air laut di perairan Babel lainnya yakni kabupaten Belitung mencapai 2,39 meter, Belinyu 1,70 meter dan Kabupaten Bangka Selatan 2,06 meter.

Selanjutnya, Kabupaten Bangka Barat dengan ketinggian pasang air laut mencapai 1,91 meter dan Kabupaten Belitung Timur 1,92 meter.

Sementara itu, lanjut dia, kondisi gelombang laut di jalur pelayaran Babel mencapai ketinggian maksimum dua hingga 2,5 meter dengan kecepatan angin 10-35 kilometer per jam.

"Ketinggian gelombang laut ini diprediksi akan terjadi di Selatan Bangka, Selat Gelasa, Utara Bangka dan Selat Karimata," katanya.