27 daerah berstatus waspada dampak hujan, termasuk Sumsel

id BMKG,prakiraan cuaca,cuaca ekstrem,bencana alam,banjir,hidro-meteorogi,gelombang tinggi,perairan indonesia

27 daerah berstatus waspada dampak hujan, termasuk Sumsel

Cuaca berawan menyelimuti langit Kota Palembang, Sumsel. (ANTARA/Dolly Rosana)

Jakarta (ANTARA) - BMKG mengingatkan potensi dampak hujan lebat yang diertai dengan petir dan angin kencang di 27 provinsi di Indonesia.

Hujan dengan intensitas  tinggi tersebut berpo tensi mengakibatkan bencana hidrometeorologi di daerah itu, sehingga BMKG mengeluarkan peringatan dini.

Dalam laman resmi BMKG yang dikutip di Jakarta, Minggu, ke-27 daerah berstatus waspada itu meliputi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Banten.  

Selanjutnya Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, dan Papua.

Peringatan dini dampak hujan dengan intensitas sedang hingga lebat juga berpotensi menyasar untuk wilayah Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur.   

Selanjutnya BMKG memprediksi potensi hujan disertai petir terjadi di Kepulauan Aru dan Kepulauan Tanibar pada sore hari. Sementara itu, Jambi, Banjarmasin, Palembang, Palangka Raya diprakirakan hujan sedang pada pagi hari.

Kemudian kota lainnya, seperti Denpasar, Ambon, Mataram, Kupang, Jayapura, Manokwari, Mamuju, Serang, Palangka Raya, Samarinda, diprediksi hujan ringan pada siang hari.  

Sementara untuk wilayah DKI Jakarta sebagian besar hujan ringan pada pagi, dan pada siang hari hujan disertai petir dengan kelembaban 80-90 persen, mayoritas berawan pada malam hari dengan suhu 24-30 derajat Celcius.