Dekopin Sumsel terus perjuangkan Koperasi makin maju

id dekopin,dekopin sumsel, koperasi sumsel, koprerasi

Dekopin Sumsel terus perjuangkan Koperasi makin maju

Koperasi Indonesia (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Sumatera Selatan berupaya terus memperjuangkan koperasi di daerah ini semakin berkembang dan maju, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan.

"Koperasi berperan mendukung ekonomi kerakyatan, sehingga perlu didorong tumbuh dan berkembang dengan baik agar mampu bersaing dengan lembaga ekonomi lainnya," kata Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Wilayah Sumatera Selatan, Munadjiah, di Palembang, Jumat

Menurut dia, koperasi yang berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat dengan asas kekeluargaan

Koperasi yang eksis mengembangkan kegiatan usaha ekonomi kerakyatan dan mampu bersaing dengan lembaga ekonomi lainnya, akan terus didukung mengingat saat ini tidak sedikit koperasi yang hanya tinggal papan nama karena kalah bersaing, katanya pula.

Dia menjelaskan, upaya untuk mendorong koperasi terus tumbuh dan berkembang secara sehat, dengan membantu pembenahan manajemennya.

Pembenahan itu diharapkan dapat memperbaiki manajemen koperasi sehingga menjadi pusat pelayanan yang memuaskan bagi para anggota dan masyarakat sekitar.

Pihaknya juga akan terus mendorong pengurus koperasi untuk meningkatkan bidang usahanya, sehingga dapat memenuhi seluruh kebutuhan anggota dan masyarakat umum secara maksimal.

Bidang usaha yang dikelola koperasi selama ini didominasi unit simpan pinjam dan warung serba ada (waserda), namun dalam beberapa tahun terakhir bidang usaha koperasi di daerah ini lebih bervariasi dan mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Koperasi di Sumsel mulai mengembangkan usaha bidang perumahan, transportasi, kavelingan tanah, penjualan pulsa telepon selular, listrik prabayar dan pelayanan pembayaran tagihan rekening listrik, serta bidang lainnya bekerjasama dengan pihak ketiga yang bersifat temporer, kata dia pula.