Sumsel anggarkan bantuan desa Rp48,5 miliar

id angaran, bantuan desa

Palembang, (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan pada tahun 2012 telah menganggarkan dana bantuan desa sebesar Rp48,5 miliar, sehingga bisa dimanfaatkan untuk pembangunan di desa tersebut.

Dana bantuan itu untuk desa sangat tertinggal, desa tertinggal dan desa maju, kata Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Sumsel, Mulyadin Roham di Palembang, Rabu.

Menurut dia, besaran bantuan yang diberikan kepada masing-masing desa itu pada tahun 2012 tidak sama, tetapi sesuai dengan kategori desa, dan berbeda dengan tahun sebelumnya.

Pada tahun 2012, desa persiapan tidak mendapat bantuan dana lagi sesuai dengan peraturan menteri, katanya.

Ia mengatakan, kalau desa sangat tertinggal mendapat bantuan lebih besar yakni Rp25 juta per desa per tahun, sehingga mereka bisa membangun dan memajukan desanya.

Sementara untuk desa tertinggal bantuan desanya sebesar Rp20 juta per desa, sedangkan desa maju sebesar Rp15 juta per desa per tahun.

Saat ini jumlah desa sangat tertinggal sebanyak 275 unit, sedangkan desa tertinggal 717, dan desa maju 1.822 desa, sehingga total 2.814 desa tersebar di 11 kabupaten dan empat kota di Sumsel.

Sementara mengenai kapan dana bantuan desa itu diberikan, ia menyatakan, kalau bisa lebih cepat lebih bagus sehingga desa bersangkutan dapat memanfaatkannya.

Kalau memang dana bantuan desa itu mencukupi, maka akan diberikan sekaligus sehingga bisa dimanfaatkan, demikian Mulyadin Roham.(ANT/KR-SUS)