Oscar diskors delapan pertandingan karena memicu perkelahian

id Oscar, otoritas sepak bola China, sangsi, diskor, tidak boleh bertanding, liga china, rekor transfer

Oscar diskors delapan pertandingan karena memicu perkelahian

Gelandang asal Brasil, Oscar, saat tiba di bandara Shanghai setelah sepakat untuk memperkuat klub Liga Super China Shanghai SIPG dari Chelsea pada Januari 2017. (Antarasumsel.com/Reuters)

Hong Kong (Antara/Reuters) - Mantan gelandang Chelsea Oscar dijatuhi skors delapan pertandingan oleh otoritas sepak bola China pada Kamis, untuk perannya pada perkelahian yang pecah saat Shanghai SIPG bermain imbang dengan Guangzhou R&F pada akhir pekan.

Pemain Brazil itu, yang pindah ke China dengan memecahkan rekor transfer pada Januari, juga didenda 40.000 yuan (5.855 dolar) oleh Asosiasi Sepak Bola China pada langkah terkini otoritas negeri itu untuk mengatasi masalah indisipliner.

"Menurut laporan wasit, bukti video, dan penjelasan tertulis dari pihak-pihak yang terlibat.. Oscar menyerang pemain-pemain lawan dengan cara yang tidak bermoral, memicu perkelahian masif yang telah memberikan pengaruh sangat buruk pada reputasi Liga Super China," demikian bunyi pernyataan resmi.

Insiden itu terjadi pada detik-detik terakhir babak pertama pertandingan Minggu, setelah Oscar menjadi aktor dari gol yang dibukukan Hulk bagi timnya untuk menyamakan kedudukan, di mana para pemain Guangzhou memprotes para ofisial karena gol itu tidak semestinya disahkan karena offside.

Tidak lama setelah pertandingan kembali dimulai, Oscar dengan sengaja menendang bola kepada dua pemain Guangzhou, memprovokasi respon yang memicu perselisihan di tengah lapangan.

Oscar didorong sampai jatuh oleh pemain Guangzhou Chen Zhizhao, sedangkan pemain Guangzhou lainnya Li Tixiang dan pemain SIPG Fu Huan diusir keluar lapangan karena aksi mereka dalam perkelahan tersebut.
   
Pemain 25 tahun itu didatangkan SIPG dari Chelsea pada Januari untuk memecahkan rekor transfer Asia sebesar 60 juta euro, ketika klub-klub China terus menghabiskan banyak yang pada akuisisi-akuisisi profil tinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Pembelian Oscar merupakan yang ketiga kalinya dalam periode 12 bulan di mana rekor transfer Asia dipecahkan, dengan bayaran yang dikeluarkan untuk mendatangkan pemain Brazil itu melampaui jumlah dana yang mereka keluarkan untuk merekrut Hulk tujuh bulan sebelumnya.

Sanksi yang dijatuhkan kepadanya merupakan tanda lain bahwa otoritas China ingin menghapus perilaku-perilaku buruk ketika profil Liga China telah berkembang ke luar negeri.

Pemain Shanghai Shenhua Qin Sheng mendapat skors enam bulan karena menginjak kaki pemain internasional Belgia Axel Witsel pada pertandingan yang disiarkan langsung melalui televisi.(H-RF)