Pemkot utamakan warga setempat isi kios pasar

id kius, kios pasar

Pemkot utamakan warga setempat isi kios pasar

Kios pasar Talang Kelapa Palembang diutamakan warga setempat (Antarasumsel.com/Aziz Munajar/17/)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kota Palembang mengutamakan Warga setempat di Kecamatan Talang Kelapa untuk mengisi kios-kios baru di Pasar Rakyat setempat.

"Memang dalam menyeleksi para pedagang yang mendaftar kemarin, kami mengutamakan masyarakat Kecamatan Talang Kelapa untuk mengisi pasar agar membantu meningkatkan perekonomian warga," kata wakil Wali Kota, Fitrianti Agustinda, di Palembang, Selasa.

Menurutnya, bangunan Pasar Rakyat Talang Kelapa saat ini merupakan hasil perbaikan dari kondisi sebelumnya yang terbengkalai selama setahun.

Ia mengingatkan, seluruh pedagang yang sudah mendapatkan kios agar tidak memindah-tangankan kepada orang lain dengan alasan apapun.

"Kami juga ingatkan kepada pedagang agar tidak memindah-tangankan kios, kalau memang sudah tidak berjulaan lagi, silahkan lapor kepada pihak PD Pasar Jaya Palembang supaya dikelola ulang, nanti akan diawasi PD Pasar dan Dinas Perdagangan setempat," ujar Fitrianti.

Ia menambahkan, pedagang Pasar Rakyat Talang Kelapa dibebaskan dari biaya listrik dan air, kecuali retribusi, keamanan dan kebersihan sebesar Rp5.000 per kios per hari.

Selain itu, menanggapi seratus orang lebih calon pedagang yang tidak mendapatkan kios, ia meminta agar mendaftar ulang untuk memilih sisa kios tersedia, yakni Los basah 58 unit dan los kering empat unit.

Salah satu calon pedagang, Budi, menyatakan meskipun sempat kecewa karena tidak memperoleh kios saat diundi wakil wali kota, berniat akan mendaftar ulang untuk mendapatkan sisa kios yang kosong,

Sementara Kepala Bidang Stabilisasi dan Sarana Dinas Perdagangan, Mardiana Tarigan, mengatakan para pedagang saat ini belum bisa langsung berjualan, menunggu serah terima oleh pihak PD Pasar, tetapi sebelum akhir April diharapkan sudah aktif berjualan.