Lukaku amankan hasil imbang untuk Belgia

id Romelu Lukaku, Belgia, hasil imbang, kualifikasi, Piala Dunia

Lukaku amankan hasil imbang untuk Belgia

Romelu Lukaku. (Istimewa)

Brussel (Antara/Reuters) - Romelu Lukaku mengemas gol larut untuk mengamankan hasil imbang 1-1 pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia untuk Belgia pada Sabtu, melawan tim Yunani yang harus tampil dengan sepuluh pemain selama 25 menit terakhir dan menyelesaikan pertandingan dengan sembilan pemain.

Lukaku berbalik dan menembakkan bola pada menit ke-89 untuk membatalkan gol pembukaan dari Kostas Mitroglou, yang mencetak gol 18 detik setelah babak kedua dimulai pada serangan nyata pertama tim tamu, untuk membuat Belgia tetap menduduki posisi puncak klasemen Grup H.

Belgia, yang tidak diperkuat Eden Hazard dan Kevin De Bruyne karena cedera, mengambil keuntungan dari dikeluarkannya Panagiotis Tachtsidis pada menit ke-65 karena menerima kartu kuning kedua, ketika mereka menggempur pertahanan Yunani dengan gelombang serangan.

Giorgos Tzavellas juga diusir keluar lapangan karena mendapatkan kartu kuning kedua setelah terjadi perselisihan pada fase akhir pertandingan.

Belgia menghancurkan keempat lawan mereka di fase grup, mencetak 21 gol berbanding kemasukan satu, sedangkan Yunani menuju pertandingan ini dengan rekor belum pernah kalah.

Belgia bermain untuk kedua kalinya sejak 2012 tanpa kehadiran Hazard dan De Bruyne, dua kekuatan paling kreatif mereka.

Dengan absennya bek kanan Thomas Meunier, Roberto Martinez menyebut pertandingan ini merupakan ujian terbesar pada masa kerja delapan bulannya sebagai pelatih tim nasional.

Tetap saja, dengan keberadaan Dries Mertens dan Radja Nainggolan yang mengisi posisi Hazard dan De Bruyne, Belgia terlihat mengendalikan permainan, meski hanya memiliki dua peluang dari Marouane Fellaini untuk memperlihatkan gempuran mereka pada babak pertama.

Para pemain Yunani bersuka cita pada akhir pertandingan, dengan keberhasilan mereka membawa pulang satu angka di markas tim favorit grup. Belgia kini memimpin klasemen grup dengan 13 angka, unggul dua angka dari Yunani, sedangkan Bosnia mengoleksi sepuluh angka. (H-RF)