Pertamina siapkan strategi ketersediaan BMM di Sumsel

id pt pertamina mro ii, bahan bakar minyak, maksin, spbu, minyak

Pertamina siapkan strategi ketersediaan BMM di Sumsel

Ilustrasi - Petugas SPBU mengisikan BBM ke mobil pribadi di SPBU Coco Kenten Palembang, Sumsel. (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II telah menyiapkan berbagai strategi dan persiapan demi menjaga dan memberikan jaminan ketersediaan bahan bakar minyak di Sumatera Selatan.

Area Manager Communication and Relations Marketing Operation Region II PT Pertamina (Persero), Makhasin menyampaikan hal itu terkait dengan kebutuhan BBM pada bulan puasa dan menyambut Idul Fitri 1437 H di Palembang, Selasa.

Menurut dia, selama minggu pertama dan kedua bulan Suci Ramadhan diperkirakan konsumsi BBM jenis premium dan solar di Sumatera Selatan akan berangsur normal dan tidak terdapat lonjakan.

Adapun rata-rata penyaluran normal untuk premium sebesar 1.960 kiloliter (KL) per hari, sementara penyaluran normal solar adalah 1.140 KL per hari, katanya.

Ia mengatakan, menjelang Idul Fitri 1437 H diperkirakan terjadi kenaikan konsumsi premium dan penurunan solar serta kenaikan konsumsi nonsubsidi atau BBK.

Estimasi penyaluran BBM pada hari raya nanti untuk premium rata-rata pada Mei 2016 sebesar 1.960 KL per hari dan diprediksi pada sehari sebelum (H-1) Idul Fitri sebesar 2.512 KL per hari.

Selanjutnya solar rata-rata pada Mei 2016 sebesar 1.140 KL per hari dan diprediksi pada H-1 Idul Fitri sebesar 595 KL per hari.

Sementara pertamax rata-rata pada Mei 2016 sebesar 89 KL per hari dan diprediksi pada H-1 Idul Fitri sebesar 130 KL per hari.

Nanti, mendekati arus mudik lebaran, Pertamina akan membentuk tim satgas penyaluran BBM sejak H-7 sampai H+7 Idul Fitri.

Pertamina juga akan menginstruksikan SPBU-SPBU yang berada di jalur lintas untuk beroperasi selama 24 jam, karena untuk melayani kebutuhan masyarakat akan BBM selama perjalanan mudik, katanya.