Kemasan produk IKM perlu dibuat menarik

id kemasan, produk ikm, produk ukm, ukm, umkm

Kemasan produk IKM perlu dibuat menarik

Ilustrasi - Salah satu stan UKM di Sumsel Expo yang menampilkan potensi daerah Sumatera Selatan pada Sumsel Expo Di Pelataran BKB Palembang, Jumat (15/5). (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Selatan Permana memandang perlu para pelaku industri kecil dan menengah (IKM) memperhatikan kemasan agar konsumen tertarik membeli produk mereka.

Saat ini industri kecil dan menengah di Sumsel masih lemah dalam membuat kemasan sehingga daya tarik pembeli kurang, kata Permana di Palembang, Selasa.

Padahal, lanjut dia, pasar modern saat ini sudah menyediakan tempat industri kecil dan menengah.

"Jadi, kemasan yang baik itulah yang masih menjadi kendala industri kecil dan menengah Sumsel," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya memberikan bantuan berupa sosialisasi, informasi, dan peralatan agar industri kecil dan menengah bisa bersaing dengan produk dari pabrik.

Menurut dia, peluang industri kecil untuk memasarkan produknya sebenarnya cukup besar sehingga para pengusaha kecil perlu memperhatikannya.

Permana berharap para industri kecil dan menengah di Sumatera Selatan dapat serius menanggapi peluang pasar yang makin besar. Apalagi, pada tahun ini pertumbuhanindustri kecil dan menengah bisa menyentuh angka 4 persen.

Sehubungn dengan itu, pihaknya mempermudah surat izin usaha perdagangan.

"Yang jelas industri kecil dan menengah harus diberdayakan karena itu akan menambah ekonomi masyarakat," katanya. (U005)