Puluhan kios siap tampung pedagang kaki lima OKU Timur

id pemkab oku timur, kios, pasar, pedagang, pasar gumawang, wakil bupati okut, fery antoni

Puluhan kios siap tampung pedagang kaki lima OKU Timur

Ilustrasi - Pasar Tradisional (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Martapura Sumsel (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan menyiapkan puluhan unit kios di Pasar Gumawang, Kecamatan Belitang diperuntukan bagi pedagang kaki lima di wilayah itu agar tidak menggelar barang dagangan di pinggir jalan raya.

"Pemkab Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) menyiapkan 44 unit kios untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) sebagai upaya penertiban agar tidak berjualan di pinggir jalan lagi," kata Wakil Bupati OKUT, Fery Antoni di Martapura, Senin.

Selain itu, kata dia, di area pasar tersebut juga akan dibangun pos polisi untuk mengatur lalulintas kendaraan agar tidak semberawut demi menciptakan Kota Belitang bersih dan indah.

"Pemkab juga menyiapkan lahan parkir cukup luas ditambah fasilitas pendukung seperti lima unit WC umum, empat mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), mushallah dan pos keamanan di tengah pasar yang baru dibangun," jelasnya.

Ia mengatakan, pembangunan kios yang sedang dilakukan diharapkan dapat menampung seluruh pedagang di wilayah setempat demi kenyamanan aktivitas jual beli di pasar.

Mengenai sewa kios, lanjut dia, dipastikan iurannya tidak memberatkan pedagang karena pengadaan tersebut merupakan program pemerintah.

Sementara, Wakapolres OKUT, Kompol M Ihsan mengaku sangat mendukung program pemerintah setempat untuk menata wilayah Gumawang sebagai kawasan tertib lalulintas.

"Polres siap mendukung jika Gumawang dijadikan kawasan tertib lalulintas," katanya.