Mahasiswa UGM kembangkan mainan edukatif

id ugm, mahasiswa ugm, mahasiswa, kembangkan mainan anak-anak, mainan edukatif, edukasi

...My Teacher Tangram merupakan sebuah produk yang diusung dalam rangka pencerdasan anak Indonesia melalui permainan edukasi...
Yogyakarta (ANTARA Sumsel) - Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta membuat dan mengembangkan mainan edukatif untuk anak yang diberi nama "My Teacher Tangram".
        
"My Teacher Tangram merupakan sebuah produk yang diusung dalam rangka pencerdasan anak Indonesia melalui permainan edukasi," kata koordinator tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK) UGM Tyas Nurul Hidayati di Yogyakarta, Rabu.
  
Menurut dia, nilai edukasi yang diberikan bukan hanya mengasah keterampilan kognisi, tetapi juga motorik, emosi, kreativitas, imajinasi, dan kepercayaan diri untuk menyelesaikan masalah.
        
"Produk itu terbuat dari bahan akrilik yang dihadirkan dalam tampilan bentuk menyerupai puzzle dengan tujuh potongan beragam bentuk dan warna. Mainan itu cukup berperan dalam membantu anak memvisualisasikan dan mengenal benda-benda yang ada di sekitar," katanya.
        
Ia mengatakan untuk satu produk "My Teacher Tangram" tersedia dalam kemasan produk tangram yang dilengkapi dengan buku panduan berisikan informasi petunjuk permainan. Selain itu juga ada sekitar 50 gambar disertai dengan panduan kosa kata dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
        
Cara permainan tangram itu juga tergolong mudah dan dirancang dengan usabilitas yang sesuai untuk anak pada usia 4-7 tahun. Ketika bermain, anak akan menebak dan mencoba-coba bentuk potongan yang digabungkan menjadi satu pola besar berbentuk benda di sekitarnya.
        
"Hal itu akan memancing rasa ingin tahu anak untuk terus berkreasi sekaligus memacu kognitif anak untuk mengenal benda-benda di sekitarnya," katanya.
        
Dosen pembimbing tim PKMK UGM Avrin Nur Widyastuti mengatakan produk tangram itu juga telah mendapat dukungan dari beberapa pemangku kepentingan terkait.
        
"My Teacher Tangram sebagai permainan sangat tepat untuk memancing rasa ingin tahu anak dan meningkatkan pola pikir anak melalui bentuk yang bervariasi. Semoga kreativitas mahasiswa itu bisa meraih sukses di Pimnas mendatang," katanya.
        
Anggota tim PKMK UGM itu antara lain Muhamad Randi Ritvaldi, Verdiaz Refikhanata, Urfan Qinthara, Tyas Nurul Hidayati, dan Naufi Ulumun Nafiah.