KPU siapkan penelitian data pemilih Pilkada

id kpu, kpu sumsel

KPU siapkan penelitian data pemilih Pilkada

Komisi Pemilihan Umum (KPU) (Antarasumsel.com/Grafis)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan saat ini sedang mempersiapkan tahapan pencocokan dan penelitian untuk data pemilih pada pemilihan kepala daerah secara serentak, 9 Desember 2015 di tujuh kabupaten di provinsi itu.

Komisioner KPU Sumatera Selatan Divisi Humas, Heny Susantih di Palembang, Minggu menyampaikan hal itu terkait dengan persiapan pilkada serentak di tujuh kabupaten di Sumsel.

Menurut dia, tahapan pencocokan dan penelitian ini akan dilaksanakan mulai 15 Juli sampai 19 Agustus 2015.

"Sekarang ini tujuh kabupaten yang melaksanakan pilkada semua sudah melakukan persiapan pencocokan dan penelitian dengan baik," katanya.

Ia menyatakan, persiapan yang dilakukan, antara lain membentuk Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), mempersiapkan berbagai dokumen dan formulir pencocokan dan penelitian, melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi PPK,PPS dan PPDP, melakukan sosialisasi pemutakhiran data di tingkat kecamatan dan di tingkat desa dengan melibatkan pihak terkait.

Proses ini harus sudah selesai dilakukan selambat-lambatnya pada 14 Juli 2015 oleh KPU kabupaten, sebagai penanggung jawab utama pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati di daerahnya, katanya.

Ia menyatakan bahwa data pemilih merupakan salah satu sangat krusial dan strategis bagi penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati yang berkualitas.

Karena itu, penyelenggara pemilihan harus berkomitmen kuat untuk melaksanakan proses pemutakhiran data pemilih yang lebih baik agar data dihasilkan lebih komprehensif, akurat dan terkini.

Data pemilih berkualitas tentunya akan mendorong proses dan hasil pemilihan lebih baik, sebaliknya data pemilih yang bermasalah akan menyebabkan proses dan hasil pemilihan dipertanyakan legitimasinya, ujarnya.

Ia menegaskan, PPDP merupakan ujung tombak KPU dalam melaksanakan proses pemutakhiran data pemilih, karena memiliki peran penting dalam menyusun data pemilih yang berkualitas.

Baik buruknya Daftar Pemilih Tetap (DPT) pilkada serentak di Sumatera Selatan sangat tergantung pada kinerja PPDP di lapangan.

Jika PPDP bekerja dengan sungguh-sungguh mengikuti prosedur dengan baik dalam proses pencocokan dan penelitian, maka DPT pemilihan bupati dan wakil bupati serentak di Sumsel akan lebih baik dari DPT pada Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2014, katanya.

Di Sumsel ada tujuh kabupaten yang akan menggelar pilkada yakni Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering UlU Timur, Ogan Komering Ulu Selatan, Musirawas, dan dua daerah pemekaran yakni Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, dan Musirawas Utara.