BMKG: Seluruh wilayah Sumsel berawan

id bmkg, prakiraan cuaca, cuaca, hujan, sumatera selatan, sumsel, berawan

BMKG: Seluruh wilayah Sumsel berawan

Ilustrasi - Pemandangan Kota Palembang dari ketinggian yang diselimuti mendung dan hujan (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprakirakan seluruh wilayah Provinsi Sumatera Selatan yang memiliki 17 kabupaten dan kota ini dalam kondisi berawan.

"Hari ini seluruh wilayah Sumsel diprakirakan berawan dengan suhu udara berkisar 23-33 derajat Celsius. Kelembaban udara antara 48--95 persen, dan kecepatan angin sekitar 25 kilomter per jam ke arah tenggara," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Kenten BMKG Sumsel, Indra Purnama, di Palembang, Selasa.

Menurut dia, pada musim kemarau Juli 2015 ini, intensitas curah hujan di wilayah Sumsel semakin turun dan suhu udara terasa lebih panas dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Kondisi suhu udara di wilayah provinsi ini cenderung memanas berkisar 32--35 derajat Celsius, dan intensitas curah hujan cukup rendah berkisar 101--200 milimeter.

Dalam kondisi cuaca musim kemarau ini, masyarakat diimbau agar meningkatkan kewaspadaan kemungkinan terjadi kekeringan, kebakaran hutan, lahan pertanian, dan perkebunan, kata Indra lagi.

Kabid Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Sumsel MS Sumarwan mengatakan, menghadapi musim kemarau sekarang ini, pihaknya berupaya menyiapkan bantuan tanggap darurat berupa bahan makanan dan peralatan pendukung lainnya.

Dengan persiapan itu diharapkan jika sewaktu-waktu terjadi bencana dampak musim kemarau tersebut, ratusan sukarelawan Tagana bisa dengan cepat diturunkan ke lokasi untuk membantu masyarakat melakukan evakuasi, penyaluran bahan makanan, menyiapkan tenda penampungan korban, dapur umum, dan pendampingan.