Hujan ringan hingga sedang dominasi cuaca sepekan jelang lebaran

id BMKG, cuaca, lebaran, Idul Fitri 1445H, prakiraan cuaca

Hujan ringan hingga sedang dominasi cuaca sepekan jelang lebaran

Ilustrasi - Seorang pekerja menggunakan payung untuk menghindari hujan saat menyeberang jalan di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta. (ANTARA/Aprillio Akbar/hp/aa)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi situasi cuaca pada sepekan menjelang perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi didominasi hujan ringan hingga sedang.

"Jika kita lihat, hujan sedang ini bisa berpotensi menimbulkan cuaca ekstrem. Sedangkan untuk periode 10 hingga 16 April 2024 sudah mulai agak mereda," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, kondisi cuaca periode 3 hingga 9 April 2024 diprediksi masih didominasi hujan ringan hingga sedang, di antaranya wilayah Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Di sisi lain, kata Guswanto, beberapa wilayah di Indonesia mulai mengalami peralihan dari musim hujan ke kemarau, meliputi sebagian Aceh, sebagian besar Sumatera Utara, sebagian Riau bagian Utara, sebagian kecil Jawa Barat bagian Selatan, sebagian Sulawesi Tengah dan sebagian Maluku Utara.