Bandara Palembang optimalkan loket hadapi lonjakan pemudik

id bandara, bandara smb, angkasa pura, pelayanan bandara, optimalkan loket, bandara palembang, pesawat

Bandara Palembang optimalkan loket hadapi lonjakan pemudik

Pengguna jasa angkutan udara sedang antre di loket check-in Bandara SMB II Palembang (Foto Antarasumsel.com/15/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan berupaya mengoptimalkan loket pelayanan "check-in" untuk menghadapi lonjakan pengguna jasa angkutan udara pada musim mudik lebaran 2015 ini.


"Dalam kondisi normal tidak semua loket dibuka, namun memasuki pekan musim mudik Lebaran Idulfitri terhitung mulai 10 Juli seluruh loket akan dibuka sehingga dapat memperpendek antrean menjelang jam keberangkatan pesawat," kata General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Cabang Palembang Iskandar Hamid di Palembang, Senin.


Menurut dia, menghadapi musim mudik Lebaran Idulfitri 1436 Hijriah/2015 Masehi, pihaknya berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa angkutan udara.


Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pengguna jasa angkutan udara, selain mengoptimalkan seluruh fasilitas pelayanan dan personel, pihaknya juga berupaya meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan di kawasan Bandara.


Kemudian pihaknya juga berupaya mendirikan posko mudik lebaran, sehingga masyarakat yang membutuhkan informasi penerbangan dan bantuan terkait masalah pelayanan jasa angkutan udara dapat lebih mudah menghubungi petugas yang siaga sepanjang jam operasional Bandara, katanya.


Sementara mengenai maskapai penerbangan yang siap melayani pemudik lebaran dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang ke berbagai daerah di Pulau Sumatera dan Jawa, seperti biasanya pada musim mudik lebaran ini ada 10 maskapai penerbangan yang menyatakan kesiapannya.


"Pada musim mudik lebaran tahun ini ada 10 maskapai penerbangan siap melayani pemudik lebaran dengan 47 penerbangan setiap harinya," ujarnya.


Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Sumatera Selatan Nasrun Umar pada rapat persiapan angkutan mudik lebaran menjelaskan, seluruh penyedia jasa angkutan mudik lebaran baik darat, laut, maupun udara secara umum telah siap melayani masyarakat yang akan pulang ke kampung halaman pada Hari Raya Idulfitri.


Khusus pelayanan jasa angkutan udara, ada 10 maskapai penerbangan yang siap melayani pemudik lebaran setiap harinya dari Kota Palembang ke sejumlah daerah di Pulau Sumatera dan Jawa.


Beberapa rute penerbangan langsung yang dapat dilayani melalui Bandara SMB II yakni Palembang-Bandung, Palembang-Yogyakarta, Palembang-Surabaya, Palembang-Denpasar, Palembang-Padang, Palembang-Batam, Palembang-Pangkalpinang, Palembang-Tanjung Pandan, Belitung, Palembang-Bengkulu, Palembang-Jambi, dan Palembang-Tanjung Karang, kata Nasrun.