Proyek jembatan Musi IV siap ditenderkan

id musi iv, jembatan musi iv

Proyek jembatan Musi IV siap ditenderkan

Pembebasan lahan pembangunan jembatan Musi IV segera dilaksanakan (Foto Antarasumsel.com/15/Nila Fuadi)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Proyek pembangunan Jembatan Musi IV di Palembang, Sumsel siap ditenderkan pada pertengahan Juni 2015 setelah proses pembebasan 50 persil lahan memasuki tahapan penyelesaian.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pengolahan Sumber Daya Air Kota Palembang Budy Dharma di Palembang, Kamis, mengatakan, ke-50 persil atau bidang lahan yang akan dibebaskan itu terdiri atas 39 persil di kawasan Seberang Ilir dan 11 persil dengan surat kepemilikan lahan dan bangunan di Seberang Ulu.

"Mudah-mudahan sudah bisa tender pada pertengahan Juni ini," katanya.

Ia mengatakan, untuk pelaksanaan pembebasan lahan ini akan melibatkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) sebagai lembaga yang berwenang dalam pengesahkan penggunaan lahan.

BPN akan mengukur berapa lahan yang akan dibayar dan digunakan untuk pembangunan.

Sementara, pemerintah akan menyerahkan ke Kantor Jasa Penilaian Publik (KJPP) untuk menilai besaran ganti rugi yang akan diberikan ke pemilik lahan.

"Tentunya, nilai dari ganti rugi akan berbeda setiap lahan dan bangunan disesuaikan lokasi lahan dan kondisi bangunan yang akan ditetapkan KJPP," kata dia.

Ia menambahkan, pemerintah berencana mulai mengerjakan pembangunan fisik jembatan pada pertengahan bulan ini.

Sementara proses tender lelang pembangunan akan dilakukan setelah proses pembayaran lahan sudah selesai.

"Jika lahan sudah bebas akan dilanjutkan ke proses tender pembangunan supaya pembangunan fisik jembatan bisa berjalan," kata dia.

Kepala Bidang Pelaksana Balai Besar Pembangunan Jembatan Nasional III Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum A Djunaidi di Palembang, Senin, mengatakan, pembangunan Jembatan Musi IV direncanakan akan dimulai dari sisi hilir yakni di kawasan Pasar Kuto atau persisnya di lokasi kantor Dinas Tata Kota Palembang.

Sementara, pembangunan sisi hulu jembatan di kawasan 14 Ulu, Sungai Kangkang, akan dimulai setelah penanaman pondasi di sisi hilir telah rampung.

"Proyek ini siap dimulai jika pembebasan lahan dan tender rampung dan diharapkan selesai pada pertengahan 2017 atau sebelum pelaksanaan Asian Games 2018 di Palembang dengan kebutuhan dana sebesar Rp400 miliar," kata dia.

Jembatan Musi IV dengan panjang 700 meter akan dibangun dengan model ekstrados yakni menyerupai Jembatan Suramadu Surabaya-Madura.

Secara tampilan, jembatan ini akan lebih cantik dari Jembatan Duplikat Musi II yang bermodel pelengkung box baja dengan panjang 338 meter.

Selain merencanakan Jembatan Musi IV, pemerintah juga akan membangun Jembatan Musi VI (yang menghubungkan kawasan Tanggabuntung dan Kertapati), dan Musi III (yang menghubungkan Pulau Kemaro dan Pusri/Plaju).