Pembangunan pasar Alang-Alang Lebar selesai 2016

id HARNOJOYO, WALI KOTA

Pembangunan pasar Alang-Alang Lebar selesai 2016

Plt Wali Kota Palembang Harnojoyo. (Foto Antarasumsel.com/15/Dolly Rosana)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pelaksana Tugas Wali Kota Palembang Harnojoyo menargetkan Pasar Alang-Alang Lebar mulai beroperasi pada 2016, karena telah menerima kucuran dana untuk pembangunannya dari APBN sebesar Rp6 miliar pada April ini.

"Saya meminta Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) serius dalam merampungkan pengerjaan pembangunan Pasar Alang-alang Lebar (AAL). Masa satu tahun dirasa cukup untuk siap mengoperasikannya," kata Harnojoyo yang diwawancarai seusai rapat bersama pejabat terkait di Palembang, Senin.

Ia mengatakan, pasar yang akan dibangun di atas lahan seluas 0,5 hektare di kawasan Talang Kelapa, Alang-Alang Lebar ini sudah menyelesaikan pembuatan Detailed Enginering Design (DED).

Untuk mempercepat realisasi proyek, saat ini pemerintah kota mengurus legalisasi lahan.

"Di lahan tersebut juga akan berdiri fasilitas umum penunjang lainnya, seperti kolam retensi, lokasi parkir dan taman. Semoga saja persoalan administrasi ini cepat selesai sehingga proyek bisa jalan," kata Harno, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Kementerian Perdagangan mengalokasikan dana Rp32 miliar untuk revitalisasi sejumlah pasar tradisional di Sumatera Selatan pada 2015.

Perevitalisasian pasar tradisional di Sumsel ini masuk dalam program pemerintah Joko Widodo yang menargetkan perbaikan 5.000 pasar dalam lima tahun.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Sumatera Selatan Permana mengatakan pemerintah provinsi telah memilih pasar yang akan mendapatkan program revitalisasi tersebut di beberapa kabupaten/kota yakni Palembang, Prabumulih, Pagaralam, dan Lubuklinggau.

"Pemilihan pasar ini tentunya tidak asal, melalui suatu studi kelayakan. Pemerintah tidak menginginkan suatu pasar yang direvitalisasi justru jadi sepi lantaran ditinggalkan pembeli dan pedagang," kata dia.