Kapal cepat Palembang-Bangka beroperasi bergilir

id kapal, cepat, jam operasional bergilir, bergilir, jadwal keberangkatan bergilir

Kapal cepat Palembang-Bangka beroperasi bergilir

Jumlah penumpang kapal cepat Palembang-Bangka merosot sehingga dilakukan pengaturan jadwal keberangkatan kapal secara bergilir. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...Jadwal pelayanan kapal cepat Express Bahari setiap tanggal genap berangkat, sedangkan kapal Sumber Bangka melayani penumpang setiap tanggal ganjil dengan jam keberangkatan tetap seperti biasanya pada pukul 07.00 WIB...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Dua perusahaan angkutan kapal cepat atau "jetfoil" yang melayani rute Palembang-Bangka, Sumsel, terhitung Maret 2015, mengoperasikan kapalnya secara bergiliran untuk mengatasi sepinya penumpang beberapa bulan terakhir.

"Untuk menyiasati masalah sepinya penumpang, kami dari Express Bahari sepakat dengan pengelola kapal cepat Sumber Bangka untuk membuat jadwal pelayaran secara bergilir satu hari berangkat satu hari libur," kata Robin, petugas penjualan tiket Kapal Cepat Express Bahari di Terminal Penumpang Pelabuhan Boom Baru Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan sesuai kesepakatan itu jadwal pelayanan kapal cepat Express Bahari setiap tanggal genap berangkat, sedangkan kapal Sumber Bangka melayani penumpang setiap tanggal ganjil dengan jam keberangkatan tetap seperti biasanya pada pukul 07.00 WIB.

Bagi pelanggan Express Bahari dan perusahaan lainnya yang akan menggunakan jasa angkutan kapal cepat dapat memperhatikan jam operasi atau jadwal pelayanan yang telah ditetapkan secara bergiliran tersebut, katanya.

Menurut dia, sejak adanya kebijakan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) di penguhujung 2014, jumlah penumpang terus berkurang sehingga pimpinan perusahaan membuat langkah pengaturan jam operasional secara bergilir dengan perusahaan lain yang melayani rute pelayaran yang sama.

Dengan jam operasional secara bergilir itu, penumpang hanya dilayani satu kapal setiap hari sehingga jumlahnya cukup untuk menutupi biaya operasional.

Sebelum dilakukan pengaturan jam operasional secara bergilir, jumlah penumpang yang dilayani berada pada angka di bawah 50 orang, sedangkan dengan sistem pengaturan jadwal pelayanan secara bergilir terhitung sejak 1 Maret 2015 jumlah penumpang sedikit meningkat bisa mencapai 100-150 penumpang atau mencapai 40 persen lebih dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

Pemberlakuan jam operasional secara bergilir tersebut tidak ditentukan batas waktunya, jika kondisi jumlah penumpang normal akan kembali diberlakukan jadwal pelayanan seperti biasa yakni setiap hari dengan satu armada kapal cepat, ujarnya.

Sementara petugas Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Palembang, Apran sebelumnya menjelaskan dalam kondisi sekarang ini jumlah pengguna jasa angkutan kapal di Pelabuhan Boom Baru Palembang dan sebaliknya dari Bangka mengalami penurunan hingga 50 persen lebih dari kondisi normal sebelum terjadi kenaikan harga BBM.

"Kanaikan harga BBM yang mempengaruhi naiknya tarif pelayanan jasa angkutan kapal cepat tujuan Palembang-Bangka berdampak menurunya jumlah penumpang. Dalam kondisi jam operasional bergilir sekarang paling banyak 150 penumpang yang berangkat dan datang melalui pelabuhan ini," ujarnya.