Gubernur minta pembangunan kebun raya Sumsel dipercepat

id alex noerdin, gubernur sumsel

Gubernur minta pembangunan kebun raya Sumsel dipercepat

Gubernur Sumsel Alex Noerdin (Foto: antarasumsel.com/Fenny Selli/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin minta kepada pelaksana proyek untuk mempercepat pembangunan Kebun Raya di Kabupaten Ogan Ilir atau paling tidak harus dimulai pada 2015.

"Saya minta pembangunan Kebun Raya Sumsel secepatnya dilaksanakan karena sekarang sudah menandatangai kerja sama dengan pihak BUMN dan perusahaan swasta," kata gubernur usai penandatanganan pembangunan Kebun Raya di Palembang, Rabu.

BUMN yang melaksanakan kerja sama di antarnya PT Pusri, PT Medco, SKK Migas dan PT Bukit Asam.

Lebih lanjut dia mengatakan, pembangunan Kebun Raya Sumsel itu perlu dipercepat karena prasarana pendukung sudah tersedia.

Lahan sudah siap digunakan dan sekarang tinggal mengisi zona - zona dalam Kebun Raya itu.

Oleh karena itu pihaknya melakukan kerja sama dengan perusahaan yang ada di daerah ini untuk mengisi lokasi atau bidang di Kebun Raya seluas 100 Hektare tersebut.

Menurut dia, selain itu pembangunan kebun raya yang memiliki beragam tanaman tersebut supaya daerah ini memiliki tempat penelitian dan ramuan obat-obatan.

Pihaknya minta pada 2016 sudah selesai sehingga kebun raya tersebut dapat dijadikan tempat penelitian termasuk wisata, ujar dia.

Sementara itu, Pejabat Pelaksana Tugas Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Inovasi Daerah Alamsyah mengatakan, pembangunan segera dilaksanakan karena tinggal menunggu proses lelang.

Kebun Raya itu memiliki lima zona yang nantinya akan ditawarkan kepada perusahaan dan BUMN terutama yang telah melaksanakan kerja sama.