Kadin Jepang keluhkan kendala investasi ke Presiden Jokowi

id kadin jepang keluhkan kendala investasi, investasi, kendala, presiden jokowi, presiden, keluhkan

Kadin Jepang keluhkan kendala investasi ke Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo. (FOTO ANTARA)

...Dalam pertemuan tadi mereka mengeluhkan kendala pembebasan lahan, biaya energi yang tinggi, serta kendala distribusi...
Jakarta (ANTARA Sumsel)- Delegasi Kamar Dagang dan Industri Jepang (Japanese Chambers of Commerce and Industry/JCCI) mengeluh ke Presiden Joko Widodo terkait kendala-kendala investasi di Indonesia.
       
"Dalam pertemuan tadi mereka mengeluhkan kendala pembebasan lahan, biaya energi yang tinggi, serta kendala distribusi," kata Menteri Perindustrian Saleh Husin usai mendampingi Presiden Joko Widodo menerima delegasi JCCI di Istana Merdeka Jakarta, Senin.
        
Saleh Husin mengatakan bahwa mereka berharap pemerintah membuat kebijakan agar ada jalan keluar untuk bisa menghilangkan hambatan investasinya, sehingga bisa memperkuat daya saing produk Indonesia.
       
Menperin mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo menyatakan komitmen untuk menghilangkan kendala investasi tersebut.
        
"Salah satu contohnya, masalah listrik di Batang (Jawa Tengah), bapak Presiden sudah dipanggil (beberapa pihak) dan berjanji dalam waktu dekat bisa diselesaikan," kata Saleh Husin.
        
Dia juga mengungkapkan bahwa dalam pertemuan ini juga diungkapkan rencana pemerintah membangun pembangkit listrik 35.000 watt agar krisis energi bisa teratasi.
        
Saleh Husin mengatakan bahwa dalam pertemuan tersebut hanya membicarakan masalah umum saja.
        
"Untuk masalah teknis nanti bagian kami untuk dibicarakan di kementerian," katanya.
        
Saleh Husin juga mengatakan bahwa delegasi Jepang yang dipimpin Chairman JCCI Akio Mimura ini juga mengundang presiden untuk berkunjung ke Jepang.
        
Dalam pertemuan ini, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto dan Kepala Staf Kepresidenan Luhut Panjaitan.
        
Sedangkan delegasi Jepang berjumlah sekitar 30 orang dipimpin oleh Chairman JCCI Akio Mimura.