Kento Momota gantung raket pada usia 29 tahun

id Bulu tangkis,Kento Momota , Olimpiade Paris 2024, Bulu tangkis Jepang,berita palembang, berita sumsel

Kento Momota gantung raket pada usia 29 tahun

Arsip - Ekspresi dari pebulu tangkis tunggal putra Jepang Kento Momota. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Jakarta (ANTARA) - Juara dunia dua kali Kento Momota hari ini mengumumkan pensiun dari bulu tangkis dalam usia 29 tahun, dengan alasan tidak lagi sama seperti dulu gara-gara mengalami kecelakaan mobil fatal empat tahun lalu.

Pebulutangkis asal Jepang itu pernah 11 kali mengangkat trofi juara sepanjang 2019 dan hanya kalah enam kali dari 73 pertandingan yang dia mainkan tahun itu.

Namun pada Januari 2020, kendaraan yang membawanya ke bandara Kuala Lumpur mengalami kecelakaan beberapa jam setelah menjuarai Malaysia Masters.

Pengemudi tewas, sementara Momota membutuhkan operasi untuk memperbaiki rongga matanya yang retak.

Ketika kembali lagi bermain setelah setahun absen, Momota mengalami penglihatan ganda dan gagal mendapatkan kembali performa gemilang yang membawanya ke peringkat satu dunia, meskipun berhasil menjuarai dua turnamen.

"Pada saat kecelakaan itu terjadi, saya berbohong saat saya bilang saya tak terpikir, 'mengapa hal ini terjadi pada saya?'," kata Momota dalam konferensi pers di Tokyo seperti dilaporkan AFP pada Kamis.

Kini berperingkat 52 dan gagal lolos Olimpiade Paris, Momota menyatakan akan pensiun dari tim nasional Jepang setelah bermain dalam Piala Thomas di China akhir bulan ini.