Tunjangan sertifikasi guru agama segera cair

id guru, guru agama oku

Tunjangan sertifikasi guru agama segera cair

Guru di OKU (FOTO ANTARA)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Tunjangan sertifikasi para guru agama di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, untuk triwulan IV Oktober-Desember 2014 segera cair.

Kepala Kantor Kementerian Agama Ogan Komering Ulu (OKU) H Darami, melalui Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, M Ali di Baturaja, Selasa, memprakirakan tunjangan sertifikasi itu segera cair karena kini dalam proses.

Ia menjelaskan, penerima tunjangan sertifikasi di Kantor Kemenag ada tiga bagian, yakni guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Dinas Pendidikan OKU, PAI di Kantor Kementrian Agama dan nonPNS.

Adapun jumlah penerima tunjangan sertifikasi itu sebanyak 247 orang dengan rincian 185 orang di Diknas, 41 orang di Kankemenag dan sisanya nonPNS.

Total guru PAI di sini 247 orang. Beda dengan guru madrasah. Untuk besaran tunjangan, guru PAI PNS nilai sertifikasinya sesuai gaji pokok. Sementara nonPNS sebesar Rp1,5 juta perbulan.

Sementara Kasi Pendidikan Madrasah di Kemenag OKU, H Hilallaludin mengatakan, jumlah penerima tunjangan sertifikasi guru madrasah sebanyak 36 orang yang semuanya sudah berstatus PNS.

Serupa dengan Kemenag OKU, Dinas Pendidikan OKU saat ini juga sedang memproses pencairan tunjangan sertifikasi untuk guru umum.

"Sekarang sedang kita proses, namun untuk nonPNS tidak lagi melalui pemerintah daerah, tetapi langsung dari Dirjen pusat ke rekening guru non PNS itu," ujar Kabid Dikdasmen Disdik OKU, Paranto, melalui Kasi Pendidikan SMP, SMA dan SMK, Subri.