Gaji guru TK di Tiongkok mencapai Rp20 juta/bulan

id guru tk, gaji guru tk di tiongkok rp20 juta/bulan

Jianmen, Tiongkok (ANTARA Sumsel) - Kesejahteraan guru Taman Kanak-kanak (TK) di Kota Jiangmen, Provinsi Guandong, Tiongkok, mendapat perhatian yang sangat besar dari pemerintah setempat dengan gaji kisaran Rp20 juta per bulan.

"Satu lulusan sekolah guru ini diperebutkan oleh tiga sekolah TK," kata Wakil Kepala Sekolah Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak atau Jiangmen Kindergarten Teacher's School Wang Minghui kepada perwakilan media Indonesia saat berkunjung ke sekolah tersebut, Kamis.

Menurut dia, gaji guru TK yang didirikan sejak 1980 minimal 2.000 yuan atau setara Rp4 juta hingga 10.000 yuan atau setara Rp20 juta.

Ia mengatakan jumlah siswa calon guru TK mencapi 6.000 orang yang menempati dua gedung sekolah dan satu gedung asrama.

"Ada siswa dari Indonesia sebanyak 200 orang," katanya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Jiangmen Kindergarten Teacher's School Lie Huai Sing mengatakan Wali Kota Surabaya Bambang Dwi Hartono sempat datang ke sekolah itu. Selain itu juga ada dari dosen Widya Kartika yang berkunjung ke sekolah guru TK.

Adapun lama sekolah adalah tiga tahun yakni setelah lulus SMA langsung melanjutkan sekolah pendidikan guru TK.  

"Kalau mengajar TK yang paling penting menyayangi anak, mempelajari kejiwaan, psikologi, ketangkasan anak kecil dan kesehatan," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, lingkungan untuk anak yang cocok juga menjadi perhatian guru setempat.

Para calon guru diajari menari, menggambar, menyanyi, calistung dan disiplin.

"Animo pendaftar selalu bertambah. Kapasitas sekolah 6.000 siswa, kami tolak jika melebihi kuota itu," katanya.

Sekolah ini milik pemerintah sehingga ada beasiswa untuk mereka yang mau belajar baik warga asli maupun pendatang dari luar negara.