Polres Musi Banyuasin gencar sosialisasikan ancaman narkoba

id narloba, sosialisasi, ancaman bahaya narkoba, narkotka dan obat-obatanberbahaya, waspada, bahaya, ancaman bahaya, sosialisasi

Polres Musi Banyuasin gencar sosialisasikan ancaman narkoba

Ilustrasi - Hasil tangkapan narkoba. (Foto ANTARA/Prasetyo Utomo/12)

...Dalam sosialisasi tersebut, pihaknya selalu mengingatkan kepada pelajar dan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa untuk menjauhi narkoba...
Sekayu, Musi Banyuasin (ANTARA Sumsel) - Kepolisian Resor Musi Banyuasin di Provinsi Sumatera Selatan gencar melakukan sosialisasi untuk mencegah masuk narkotika dan obat-obatan berbahaya ke sekolah serta kampus di daerah ini.

"Kami memprogramkan upaya mencegah narkoba itu masuk ke sekolah dan kampus dengan gencar melakukan sosialisasi bahaya mengonsumsi narkoba," kata Kapolres Musi Banyuasin (Muba), AKBP Iskandar F Sutisna, di Sekayu, Selasa.

Menurut dia, dalam sosialisasi tersebut, pihaknya selalu mengingatkan kepada pelajar dan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa untuk menjauhi narkoba.

Narkoba merupakan barang yang harus dijauhi, karena jika sampai mencoba mengonsumsinya bisa kecanduan dan dapat merusak mental, otak dan mengakibatkan gangguan kesehatan lainnya serta menghancurkan masa depan, katanya lagi.

Dia menjelaskan, pelajar dan mahasiwa yang terjerumus mengonsumsi narkoba akan menjadi ketergantungan, dan setelah ketergantungan itu akan berupaya mendapatkannya dengan berbagai cara.

Padahal untuk membeli narkoba perlu uang yang banyak, karena harganya cukup mahal, ujarnya lagi.

Ia menuturkan, pada awalnya pecandu narkoba akan mengatasi ketergantungannya dengan menjual barang berharga yang dimiliki di rumah, setelah barang habis biasanya tidak sedikit yang terlibat tindak pidana seperti pencurian dan perampokan.

Karena itu, melalui sosialisasi tersebut, diharapkan para pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Muba dapat terhindar dari bahaya narkoba.

Pelajar dan mahasiswa jangan sampai mencintai "pemakai narkoba" (penar), jangan menjadi "remaja nakal" (rena), tapi jadilah "anak pintar dan alim" (apina), ujarnya pula.

Polres Muba juga mengharapkan peran orang tua dalam mengawasi anak-anak di rumah dan pergaulan sehari-hari, agar terbebas dari pengaruh narkoba, katanya lagi.