Kanwil Kemenkumham Sumsel sosialisasikan layanan fidusia

id dashboard, kemenkumham, fidusia, layanan fidusia, sosialisasi

Kanwil Kemenkumham  Sumsel sosialisasikan layanan fidusia

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya memimpin kegiatan sosialisasikan layanan fidusia di Palembang, Senin (4/3). ANTARA/Yudi Abdullah/24

Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan mulai Maret 2024 menggalakkan sosialisasi layanan fidusia kepada masyarakat di provinsi setempat.

"Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat tentang layanan fidusia, pada tahun ini kami lebih menggalakkan kegiatan sosialisasi layanan tersebut," kata Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya saat membuka kegiatan sosialisasi layanan fidusia di salah satu hotel Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan atas dasar kepercayaan dengan ketentuan bahwa benda yang kepemilikannya dialihkan tersebut tetap dalam penguasaan pemilik benda.

Sejak terbitnya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 130/PMK.010/2012 tentang Pendaftaran Jaminan Fidusia bagi perusahaan pembiayaan yang melakukan pembiayaan konsumen untuk kendaraan bermotor dengan pembebanan jaminan fidusia permohonan pendaftaran jaminan fidusia di Kantor Pendaftaran Fidusia (KPF) mengalami peningkatan yang luar biasa.