Kemendag bantu perbaikan pasar tradisional di Sumsel

id permana, kemendag bantu perbaikan pasar tradisional

Kemendag bantu perbaikan pasar tradisional di Sumsel

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel Permana ((Foto Antarasumsel.com/14/Dolly Rosana))

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kementerian Perdagangan membantu dana untuk merehab pasar tradisional yang ada di Provinsi Sumatera Selatan agar tempat jual beli tersebut lebih nyaman dikunjungi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel Permana kepada wartawan di Palembang, Selasa, mengatakan Kementerian Perdagangan pada tahun 2014 banyak membantu perbaikan pasar tradisional.

Di Sumsel ada beberapa pasar yang menjadi target bantuan dari Kementerian Perdagangan, kata dia.

Memang, lanjut dia, untuk dapat menerima bantuan rehab pasar dari Kementerian Perdagangan harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

Mengenai kriteria pasar yang akan direhab yaitu memiliki transaksi perdagangan yang tinggi, pasokan barang dagangan banyak dan dekat dengan masyarakat.

Untuk di Sumsel, menurut dia, dari 17 kabupaten dan kota ada beberapa pasar yang mendapat bantuan dari Kementerian Perdagangan itu seperti Palembang, Lahat, Muaraenim dan Kota Lubuklinggau.

Sementara untuk Kota Palembang akan menerima dana sebesar Rp12 milar, Lahat Rp8 miliar, sedangkan Kabupaten Muara Enim dan Kota Lubuklinggau akan mendapat dana masing-masing Rp6 miliar.

Menurut dia, jumlah pasar yang akan dilakukan perbaikan sudah ditentukan Kementerian Perdagangan, yaitu satu hingga dua pasar yang ada di keempat kabupaten dan kota tersebut.

Dengan diperbaikinya pasar tradisional tersebut diharapkan pengunjung semakin nyaman dalam berbelanja sekaligus traksaksi meningkat.