Menteri Perdagangan: impor daging sapi diperbanyak

id daging sapi, impor daging sapi diperbanyak

Menteri Perdagangan: impor daging sapi diperbanyak

Daging sapi (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan pihaknya akan memperbanyak impor daging sapi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Puasa dan Idul Fitri.

Impor akan lebih banyak dari kwartal pertama 2013 sehingga harga tidak mengalami lonjakan, kata Menteri kepada wartawan usai meninjau pasar tradisional dan pasar murah di Palembang, Sabtu.

Apalagi menjelang puasa dan Idul Fitri umumnya lonjakan harga termasuk daging akan lebih tinggi sehingga perlu ditekan melalui pengadaan, namun dia tidak menyebutkan secara rinci impor daging tersebut.

Jadi untuk menyeimbangkan harga salah satu kebutuhan pokok itu di antaranya dengan memperbanyak mendatangkan daging dari luar negeri, kata dia.

Nantinya, daging itu akan dikirim kepasar-pasar di Indonesia termasuk Sumsel yang saat ini harganya sudah di atas nasional.

Untuk harga daging secara nasional masih berkisar Rp97 ribu per kg, namun di Palembang ini sudah mencapai Rp105 ribu per kg.

Oleh karena itu perlu diperbanyak distribusi kepasaran mengenai daging tersebut sehingga harganya menjadi stabil, kata dia.

Mengenai kenaikan harga itu dia mengatakan, hal ini karena persediaan daging belum begitu banyak karena penggemukan sapi memakan waktu.

Sebelumnya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel Permana mengatakan, memang Sumsel bukan pemasok daging sehingga persediaan belum maksimal.

Sumsel masih mendatangkan daging dari luar seperti Lampung dan Jawa dan provinsi itu juga melayani daerah lain bukan hanya Palembang.