Dinas Peternakan OKU Timur cegah penyakit hewan di pancaroba

id Penyakit hewan, musim hujan, ternak sapi, Diskannak OKU Timur

Dinas Peternakan OKU Timur cegah penyakit hewan di pancaroba

Petugas Dinas Peternakan dan Perikanan OKU memeriksa kesehatan hewan ternak. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Martapura (ANTARA) - Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan mencegah penyebaran penyakit pada hewan yang rentan terjadi saat musim pancaroba.

Kepala Diskannak OKU Timur Yunihariyanto di Martapura, Senin, mengatakan hewan ternak rentan terserang penyakit saat peralihan musim dari kemarau ke musim hujan.

"Banyak sekali penyakit menular yang mengintai hewan ternak saat musim hujan, termasuk wabah antraks yang kini banyak menyerang sapi peliharaan di Indonesia," katanya.

Dia mengatakan bahwa meskipun di OKU Timur penyakit ini belum ditemukan, namun tetap harus diwaspadai agar tidak menyebar luas.

Saat ini, pihaknya menggencarkan sosialisasi tentang pencegahan penyakit hewan ternak, termasuk antraks pada sapi.

Menurut dia, sosialisasi sangat penting dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran berbagai virus dan penyakit, terutama yang dapat menyebabkan kematian pada hewan ternak.

Masyarakat diedukasi untuk selalu memperhatikan kesehatan hewan ternak, menjaga kebersihan kandang dan lingkungan sekitar serta memastikan memberi pakan yang sehat sebagai upaya pencegahan.

Sebab, pemberian pakan yang tidak baik dan kebersihan kandang yang tidak terjaga dikhawatirkan dapat memicu munculnya berbagai penyakit, termasuk wabah antraks.

"Kami juga menginstruksikan petugas  unit pelayanan teknis (UPT) di setiap kecamatan di OKU Timur untuk memberikan pendampingan kepada para peternak tentang cara beternak hewan peliharaan yang baik dan benar," ujarnya.