Malaysia akan bentuk tim internasional selidiki insiden MH370

id tim internasional selidiki pesawat mh370, mh370

Malaysia akan bentuk tim internasional selidiki insiden MH370

Profil salah satu Boeing B-777-200ER Malaysia Airlines. Varian B-777 series inilah yang dinyatakan hilang kontak pada penerbangan MH370 rute Kuala Lumpur-Beijing. (wikipedia.org)

Kuala Lumpur (ANTARA Sumsel) - Satu tim investigasi internasional telah disetujui akan dibentuk oleh kabinet Malaysia Rabu untuk menyelidiki insiden hilangnya penerbangan MH370, kata
pejabat Menteri Transportasi Malaysia Hishammuddin Hussein  Rabu.

"Tujuan utama Tim Internasional adalah untuk mengevaluasi,  menyelidiki dan menentukan penyebab sebenarnya insiden tersebut sehingga insiden seperti itu bisa dihindari di masa depan," kataku.

Dia juga  mengatakan investigasi  tidak akan mencakup aspek-aspek kriminal yang ada di bawah peninjauan polisi.

Ketika ditanya  Xinhua mengenai laporan oleh media lokal bahwa tim investigasi mungkin mempertimbangkan kemungkinan bahwa  pesawat telah mendarat di suatu tempat yang berakhir di Samudera Hindia Selatan, menteri mengatakan "tidak, sejauh pendaratan dikhawatirkan, sejak awal pencarian kami, ada spekulasi mengenai pesawat mendarat dengan selamat di Nanning, tetapi itu tidak benar.

"Jadi, pada dasarnya, kita tetap berpegang pada pendapat kita. Setiap arahan akan ditindaklanjuti, tetapi kami hanya akan mengumumkan hasilnya jika telah  diverifikasi dan juga dikuatkan."

Ketika ditanya apakah data satelit Inmarsat akan dipertimbangkan kembali, dia mengatakan "berdasarkan data satelit, seperti saya katakan, saya berasumsi dan saya tidak berbicara untuk Perdana Menteri Australia, kapan kami harus menghimpun  dan mengatur strategi kembali, itu adalah masalah untuk melihat semua data, apakah itu satelit, atau radar."

   (Uu.H-AK)