Lomba sepeda santai Mura diikuti 800 peserta

id sepeda santai, lomba sepeda santai

Lomba sepeda santai Mura diikuti 800 peserta

Ilustrasi - Sepeda santai (FOTO ANTARA)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Lomba sepeda santai di Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, Minggu, menempuh jarak sekitar 15 kilometer diikuti sekitar 800 peserta para. pejabat, masyarakat, anak-anak dan kaum wanita.

Lomba sepeda santai dalam rangka memeriahkan HUT-71 Kabupaten Musirawas itu juga diikuti Bupati Musirawas dan Bupati Musirawas Utara serta pejabat Kota Lubuklinggau, kata Kabag Humas Pemkab Musirawas Edi Zainuri.

"Kita mulai start pukul 06.00 WIB dengan rute Desa Sumberbening, Tugumulyo hingga kawasan perkantoran Agro Politan di Muara Beliti setempat," katanya.

Ia mengatakan lomba sepeda tergolong besar itu akan memperebutkan berbagai hadiah antara lain sepeda motor, televisi, kulkas dan sepeda ontel moderen.

Kegiatan tersebut akan dimasyarakatkan untuk meningkatkan kesehatan warga, tidak hanya dilakukan dalam momen kegiatan tertentu saja, tapi setiap pagi menjadi kebiasaan masyarakat dalam berolah raga.

Kedepan berolah raga sepeda itu akan menjadi kegiatan rutin setiap hari Minggu, sehingga masyarakat berlomba-lomba dapat mengikutinya.

Bupati Musirawas Ha Ridwan Mukti mengajak masyarakat membiasakan olah raga bersepeda karena kegiatan itu sudah dilakukan sejak nenek moyang dulu dan nyatanya mereka cukup sehat.

Berolah raga sepeda itu salah satu sarana dalam menyehatkan jasmani, apalagi para pegawai negeri sipil (PNS) setiap hari bekerja keras tanpa keluar keringat dan sangat rawan akan serangan penyakit.

"Kedepan saya minta sepeda dijadikan para pegawai sarana transportasi ke kantor, sehingga budaya sepeda itu kembali hidup dan menyehatkan badan," ujarnya.

Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe mengatakan kegiatan sepeda itu setiap Minggu pagi diberikan jalur khusus agar masyarakat tidak terganggu oleh kendaraan umum.

"Setiap hari Minggu satu jalur jalan ditutup beberapa jam agar peserta bersepeda bisa leluasa dan dilakukan pengawalan pihak keamanan," ujarnya.