Tata Kota identifikasi masalah reklame secara faktual

id pemkot, pemkot palembang

Tata Kota identifikasi masalah reklame secara faktual

Pemerintah Kota Palembang (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Tata Kota Palembang bersama tim ahli konstruksi melakukan identifikasi masalah reklame secara faktual dengan memeriksa setiap fasilitas promosi yang terpasang di daerah tersebut.

"Kami mewajibkan perusahaan advertising mengkaji secara rutin kondisi reklame dengan melibatkan ahli konstruksi sebagai upaya mengantisipasi masalah akibat tidak sesuai standar," kata Kepala Dinas Tata Kota Palembang, Isnaini Madani, Rabu.

Menurut dia, perusahaan penyelenggara reklame wajib mematuhi ketentuan yang telah diatur untuk keamanan, kenyaman dan keindahan kota.

Selain estetika kota, pemasangan reklame juga wajib memiliki kepastian memenuhi standar bangunan.

Ia mengatakan, pengkajian dan identifikasi masalah reklame tersebut selama ini dilaksanakan secara rutin hanya saja sejak tumbangnya baliho raksasa 28 Maret kian diintensifkan.

Hal itu, menjadi upaya memperbaiki kualitas bangunan dan ketahanan reklame terhadap angin kencang dan hujan deras.

Dia menjelaskan, terkait dengan tumbangnya reklame beberapa waktu lalu murni karena bencana alam angin kencang yang berkecepatan 25 knot menjadi penyebab.

Akibatnya, sejumlah reklame berukuran raksasa tumbang dan rusak parah serta menyebabkan warga yang melintas cidera.

Isnaini menambahkan, selain meningkatkan pemeriksaan dan indentifikasi masalah reklame pihaknya juga meminta penyelenggara melakukan pemeliharaan rutin.

Pemeliharaan paling tidak dilakukan enam bulan sekali dengan memerhatikan semua faktor sehingga tidak adalagi reklame yang rusak termasuk kondisi berkarat pun mesti diperbaiki.